Bagus Terancam Tak Bisa Tampil di PON Aceh-Sumut 2024

MATARAM – Induk cabang olahraga (Cabor) sudah memutuskan sejumlah aturan Pra-PON 2023. Termasuk cabor balap sepeda yang menerapkan usia maksimal atlet 21 tahun untuk PON Aceh-Sumatera Utara 2024.

Penetapan batasan usia ini tentu menghalangi niatan atlet BMX NTB I Gusti Bagus Saputra untuk bisa membela NTB kembali di multievent empat tahunan itu.
“Dari aturan terakhir yang dikeluarkan KONI Pusat memang ada batasan usia, sama seperti PON Papua,” kata Sekretaris Pengprov ISSI NTB Robyal Alsahasri.

Menurut Roby, bisa saja aturan ini berubah kedepannya. Namun dia tidak mau berspekulasi lebih dini. Jika aturannya seperti itu, maka ISSI NTB tetap fokus pada pembinaan atlet-atlet lainnya.
“Sekarang sudah banyak atlet BMX NTB yang muncul. Ini tinggal dibina berkelanjutan,” katanya.

Menurutnya, penerapan batasan usia memiliki sisi positif. Cabor bisa melakukan pembinaan atlet dan regenerasi atlet secara berkelanjutan. Jika atlet unggulannya sudah tidak bisa bertanding, cabor masih memiliki atlet-atlet berbakat lainnya.

Dari informasi yang dihimpun, cabor balap sepeda di Pra-PON bakal mempertandingkan tiga kategori, yakni BMX, MTB, dan road race. Kategori BMX terdiri dari tiga nomor pertandingan, dua nomor putra, yakni racing dan freestyle serta satu nomor putri yakni racing.

Untuk MTB ada lima nomor pertandingan, terdiri dari dua nomor putra cross country (XCO) dan Downhill (DHI) dan dua nomor putri cross country (XCO) dan Downhill (DHI), serta satu nomor campuran Cross country relay (XCR).

Sementara dari kategori road race ada 10 nomor pertandingan. Yakni lima nomor pertandingan putra dan lima nomor putri. Yakni Individu Road Race 150 kilometer, Individu Road Race 100 kilometer, Individu Time Trial 40 kilometer, Criterium, dan Team Time Trial 80 kilometer.

Cabor balap sepeda memperebutkan 170 kuota di babak kualifikasi atau Pra-PON. Sementara tuan rumah Aceh dan Sumatera Utara tidak dibatasi kuota. Kuota kualifikasi untuk putra dan putri diperoleh berdasarkan pemeringkatan hasil akhir pelaksanaan babak kualifikasi. Kuota Balap Sepeda meliputi tiga disiplin cabang olahraga. (rie)

Komentar Anda