Bagus Raih Perak Asian BMX Championship 2022

TINJAU VENUE : Inilah saat TPP KONI Pusat melakukan peninjauan sejumlah venue untuk penyelenggaraan PON XXII Nusra 2028. (KONI NTB FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Salah satu atlet sepeda NTB, I Gusti Bagus Saputra berhasil membawa pulang medali perak untuk Indonesia pada ajang Asian BMX Championship 2022 di Malaysia, belum lama ini.

Raihan medali perak tersebut didapat setelah turun di nomor speaialisnya yakni BMX Racing kelas Men Elite. Adapun atlet yang berhasil meraih medali emas, yakni atlet asal Thailand atas nama Komet Sukprasert. Sementara atlet peraih medali perunggu adalah Yussi Wakhidurr Rizal asal Indonesia juga.

“Saingan saya banyak di kejuaraan ini, ada dari Thailand Jepang, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia lainnya,” beber Bagus, Senin (22/8).

Dikatakannya, kejuaraan Asian BMX Championship ini merupakan kejuaraan yang hanya digelar satu kali dalam satu tahun. Sehingga raihan tahun ini dinilai cukup berharga, meskipun hanya finis di urutan kedua. Catatan tahun sebelumnya, Bagus belum bisa meraih perak.

Kejuaraan setingkat Asia ini, disebutnya Bagus membawa nama Indonesia. Karena sebelum berangkat, mereka dipastikan harus masuk di Timnas Indonesia atlet sepeda yang berjumlah delapan atlet. Dengan demikian, hasil yang diraihnya di negeri Jiran tersebut merupakan kebanggaan tersendiri baginya.

“Raihan perak ini adalah kebanggaan tersendiri bagi saya. Karena lewat cabor Sepeda saya bisa membawa nama baik bangsa di kancah Asia,” lanjutnya.

Adapun kaitannya dengan prestasi yang di toreh tersebut, Bagus menyebut catatan waktunya tidak diakunulasi menjadi rangkaian untuk bisa tampil di Kejuaraan Dunia lainnya. Karena track yang di laluinya, kadang memiliki perbedaan disetiap kejuaraan. Sehingga kejuaraan ini, catatan waktunya murni untuk prestasi di kejuaraan Asian BMX Championship tahun 2022.

Pada prinsipnya lanjut Bagus, hasil yang diraihnya itu masih belum sesuai harapan. Mestinya medali emas yang harus di persembahkan buat Indonesia. Namun bagaimanapun juga, ia tetap bersyukur karena sudah bisa sampai tahap yang cukup tinggi.

“Mestinya medali emas, tapi inilah yang terbaik. Semoga di Asian BMX Championship 2023 nanti saya bisa persembahkan emas buat Indonesia,” harapnya. (rie) 

Komentar Anda