Bagus Naik Podium Pertama di Ajang BMX Cup 2023

NAIK PODIUM : Tampak I Gusti Bagus Saputra (tengah) naik podium pertama setelah sukses jadi yang tercepat. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Atlet BMX NTB I Gusti Bagus Saputra berhasil menjadi juara pada Kejuaraan Indonesia BMX Cup 2023 Round 1. Kejuaraan ini digelar di Arena BMX Pulomas, Jakarta, belum lama ini.

Bagus yang turun di kategori Elite Men ini mencatatkan waktu  33.919 detik. Peringkat kedua menjadi milik atlet asal Filipina, Patrick Bren yang memiliki waktu terbaik 34.138 detik. Pembalap asal Indonesia lainnya, Rio Akbar berada di peringkat ketiga dengan waktu 34.346 detik. Dengan hasil tersebut, Bagus mendapatkan 100 poin tambahan dalam UCI Ranking Points.

”Poin dari kejuaraan ini masuk dalam poin Olympic. Saya bersyukur bisa tampil maksimal dan juara,” ujar Bagus dihubungi via pesan singkat, Sabtu (25/3).

Baca Juga :  Petenis Terbaik NTB Layangkan Surat Pengunduran Diri

Menurut Bagus, kejuaran ini tidak hanya berlangsung dalam satu round. Untuk round 2 akan dilaksanakan setelah Ramadan.

”Saya tetap ingin tampil baik yang kedua dan yang lainnya. Ini salah satu momen mengumpulkan poin kualifikasi Olympic,” katanya.

Selain kategori Elite Men, kejuaraan tersebut juga mempertandingkan sejumlah kategori lain, yakni Men Junior, Women Junior, Women Elite, dan Men U-23. Dari kategori Men Junior, Rafelino Rahendra menjadi juara pertama, disusul Raiden Raga Adam dan Fadhlan Arrazzaq di posisi ketiga.

Untuk kategori Women Junior, atlet BMX asal Korea Selatan, Park Ayeon menjadi juara pertama. Disusul dua pembalap Indonesia di tempat kedua dan ketiga, Latifah dan Masayu Ainun Dian Nabila. Kemudian Amellya Nur Sifa menjadi juara di kategori Women Elite. Jasmine Az-zahra di posisi kedua dan Kim Taeyoung berada di peringkat ketiga.

Baca Juga :  Atlet Futsal NTB Dipanggil Jajal TC Piala Asia Futsal 

Soekarno Aditya Fajar menjadi jawara untuk kategori Men U-23. Peringkat kedua ditempati Muhammad Fattahilla Haq Nursalam. Sementara peringkat ketiga menjadi milik Muhammad Ardianto.

Kejuaraan yang diikuti ratusan pebalap sepeda BMX dari kategori junior hingga nomor elite tersebut bertujuan untuk mencari bibit atlet balap sepeda BMX. Sehingga bisa menjadi harapan baru bagi tim Indonesia untuk kejuaraan BMX internasional maupun ajang olahraga multievent internasional. (rie)

Komentar Anda