Babinkamtibmas Terima Jatah Motor

MOTOR BABINKAMTIBMAS: Kapolres Lotim, AKBP Karsiman dan Wakapolres, saat melakukan pengecekan motor yang nantinya akan dibagikan untuk anggota Babinkantibmas (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG– Anggota Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) jajaran Polres Lombok Timur (Lotim) mendapat jatah sepeda motor. Sebanyak 50 unit motor lengkap dengan fasilitas dibagikan kepada Babinkamtibmas yang tersebar di 20 Polsek di Lotim.

Bantuan motor itu sebagai fasilitas penunjang Babinkantibmas dalam menjalankan tugas mereka di setiap desa. Penyerahan motor dilakukan dalam apel yang dipimpin langsung Kapolres Lotim, AKBP Karsiman, Rabu (31/8). Kegiatan juga dirangkaikan dengan apel Purnabhakti Kasubag Humas Polres Lotim, AKP Muh Efendi.

Kapolres Lotim, AKBP Karsiman mengatakan, Babinkatimbas memiliki peran sangat penting di setiap desa. Ribuan kasus yang ada di desa, mampu diselesaikan dengan baik, melalui pendekatan komunikasi dengan masyarakat. Bahkan sebagian kekuatan negara berada di Babikantibmas. “Lotim yang kondusif saat ini tak lepas dari peran Babinkamtibmas,” akunya.

Terkait peruntukan motor ini lanjutnya, itu semata untuk mempermudah Babinkantibmas dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Namun dari 254 anggota Babinkantibmas di wilayah hukum Polres Lotim, baru sebagian saja yang diberikan jatah motor. “Karena kemampuan negara hanya sampai disitu,” sebut Karsiman.

Diharapkan bantuan motor itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Perawatan juga bagian yang harus diperhatikan. Sementara untuk anggota Babinkantibmas yang belum dapat, diharapkan nantinya bisa mendapatkan bantuan serupa. “Mudahan kedepan anggota Babinkamtibmas bisa dapat satu-satu,” harap Kapolres.

Kesempatan itu, Karsiman juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada AKP Muh. Efendi, atas dedikasinya dalam menjalankan tugas, hingga masuk purna bhakti (pensiun) di Polres Lotim. Sosok Efendi dianggap patut dijadikan panutan. Itu tak lepas kesuksesannya dalam menjalankan tugas. “Untuk mencapai itu semua, memang tidak mudah untuk dilalui. Orang ini patut di contoh oleh anggota-anggota yang lain,” pungkasnya. (lie)