Australia vs Indonesia

TIMNAS INDONESIA U-15

CHONBURI – Turnamen Piala AFF U-15 baru akan berakhir pada 22 Juli mendatang. Meski begitu, nasib Indonesia di even tersebut tergantung dari hasil pertandingan ketiga mereka, yaitu saat melawan Australia di lanjutan babak penyisihan grup A di IPC Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Thailand (tayangan langsung Global TV pukul 18.30 Wib). 

Pelatih Timnas U-16, Fakhri Husaini mengatakan bahwa, pertandingan melawan Australia tersebut adalah laga hidup mati bagi mereka. Sebab, hanya kemenangan yang bisa memperpanjang nafas Garuda Asia –Julukan Timnas U-16– dalam turnamen antara negara-negara di kawasan Asia Tengggara itu. 

“Hari ini (kemarin, Red) kami menjalani recovery training dan latihan untuk persiapan besok. Pertandingan melawan Australia ibarat final bagi kami, sangat menentukan. Titik balik tim ini bisa dilihat dari hasil pertandingan esok hari. Anak-anak saya harapkan bias berjuang habis-habisan untuk mengalahkan mereka,” papar dia. 

Fakhri menyebutkan bahwa, di atas kertas, Australia lebih diunggulkan dalam pertandingan tersebut. Sebab, selain memiliki ukuran fisik yang lebih besar, tim asal Negeri Kangguru itu juga memiliki kepercayaan diri lebih bagus lantaran berhasil come back setelah kalah 1-2 dari Thailand di pertandingan pertama dengan mempermalukan Singapura 8-0 di laga kedua. 

Dengan materi lawan seperti itu, pelatih berusia 52 tahun itu memprediksi pertandingan besok akan jauh lebih sengit dari laga – laga seblumnya. “Lawan memiliki pemain sayap yang bagus, lincah dan memiliki umpan crossing yang baik. Mereka juga tidak hanya mengandalkan fisik saja, namun saya melihatnya ada permainan taktik yang bagus,” ucap Fakhri. 

Seperti yang diketahui, Indonesia saat ini berada satu tingkat di atas dasar klasemen grup A setelah baru mengantongi 1 poin. Peluang mereka untuk lolos ke babak semifinal bila mampu memenangkan tiga pertandingan sisa. Masing-masing melawan Australia, Laos serta Singapura di pertandingan terakhir. (ben)