Atlet Renang Berhasil Cetak Sejarah Baru untuk NTB

Nagatha Excelian Yuva Harson
Nagatha Excelian Yuva Harsono. (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM — Tercatat untuk pertama kalinya, atlet Renang NTB berhasil persembahkan medali di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) yang juga sebagai agenda Pra PON. Sejarah terukir lantaran berhasil persembahkan medali perak dan perunggu.

Sejarah baru itu ditorehkan Nagatha Excelian Yuva Harsono. Menariknya, kedua medali itu digondol sekaligus.

Atas prestasi itu, Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) NTB mengaku bangga dengan raihan atlet tersebut. Pasalnya, raihan medali untuk pertama kalinya dibawa pulang NTB.

“Kita cetak sejarah baru. Raihan medali ini pertama kali terjadi untuk NTB,” Kata Ketua PRSI NTB Abdul Rachman Sabtu (11/5).

BACA JUGA: Pesilat NTB Tunggu Jadwal Pra-PON

Diketahui, Nagatha pada saat berlaga diturunkan pada Nomor 100 dada dan 200 dada KU 13. Berdasarkan catatan akhir yang diraih atlet tersebut, dari dua nomor yang dimainkan, lewat penampilannya yang dinilai apik, remaja 13 tahun tersebut berhasil menyabet medali perak di nomor 100 dada dengan catatan waktu 01,18,09 detik. Sementara medali perunggu di nomor 200 dada dengan catatan waktu 02.43.92 detik.

Perolehan ini dinilai cukup maksimal, meski secara ukuran medali belum mencapai yang paling tinggi. Namun yang sangat diapresiasinya adalah keberhasilan meraih medali dengan jumlah lebih dari satu.

“Saya pikir raihan ini sudah cukup maksimal,” ucapnya.

BACA JUGA: Potensi Nurhaida Gagal Dimanfaatkan NTB

Adapun pada perhelatan tersebut, medali emas berhasil diraih oleh atlet dari Bali dan Jawa Timur. Untuk kedua daerah tersebut, diakuinya memang sejak beberapa tahun sebelumnya sudah sering persembahkan medali. Karena faktor fasilitas latihan yang mereka gunakan juga cukup berpengaruh.

Sementara untuk atlet NTB, sejauh ini belum ada secara signifikan menggunakan fasilitas yang sesuai standar. Kendati demikian, nyatanya para atlet tetap menampilkan yang terbaik untuk NTB.

“Kita akan tetap bina atlet yang raih medali ini. Potensinya cukup luar biasa,” tutupnya. (rie/*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid