Atasi Kekeringan, Dinas Pertanian Lotim Siapkan Embung

Zaini
Zaini (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG—Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyiapkan embung-embung untuk mengatasai musim kemarau yang akan datang. Sehingga pada musim tanam kedua ini, para petani tidak akan mengalami kekurangan air, terutama bagi yang tidak bisa dijangkau oleh aliran Dam Pandandure.

“Untuk musim tanam kedua ini kita harapkan embung-embung yang ada ini mampu mengatasi masalah kekeringan pada musim tanam ini,” kata Kepala Dinas Pertanian Lotim, Zaini, Jumat kemarin (16/6).

Dikatakan, embung-embung yang sudah dibangun pemerintah yang jumlahnya sekitar seribu embung, yang telah menampung air pada musim hujan, diharapkan pada musim kamarau air embung ini dapat difungsikan untuk mengatasi permasalahan kekurangan air bersih.

Selain embung-embung ini lanjutnya, tentu pemerintah juga mengandalkan Dam Pandandure yang siap mengairi 5 ribu hektar sawah yang ada diwilayah selatan. Sehingga petani-petani di Kabupaten Lombok Timur bisa sejahtera.

”Bendungan Pandandure ini debit airnya mampu mengairi lahan seluas 5 ribu hektar. Namun yang terjadi saat ini, jumlah lahan yang ada di wilayah selatan seluas 15 ribu hektar,” terangnya.

Untuk diketahui, potensi pertanian di Kabupaten Lombok Timur saat ini sekitar 48.300 hektar, yang tersebar di semua wilayah Lotim. Sehingga masih banyak membutuhkan embung untuk kebutuhan pertanian.

Namun berdasarkan pidato Menteri Pertanian, nantinya Lotim akan diberikan bantuan berupa 300 embung. “Dari jumlah 300 titik yang akan dibuat oleh Kementrian Pertanian nantinya, semua berada di wilayah utara Lotim. Karena di wilayah selatan sendiri banyak embung yang sudah dibangun,” pungkasnya. (cr-wan)

BACA JUGA :  Kementan Dorong Pemuda Bisnis Usaha Pertanian