Astra Motor Siapkan Teknisi Handal

Astra Motor Siapkan Teknisi Handal
KONTES MEKANIK: Para pemenang kontes mekanik yang digelar Astra Motor, telihat foto bersama jajaran manajemen Astra Motor Region NTB. (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sebagai bentuk konsistensi dan komitmen dalam menyiapkan tenaga muda terampil di dunia pendidikan, Astra Motor Region NTB menggelar Final Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang kini memasuki tahun pelaksanaan ke- 4 di tahun 2017.

Gelaran Uji Kompetensi Teknik Sepeda Motor (TSM) bagi siswa SMK ini merupakan puncak hasil seleksi siswa dari 15 SMK yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda  di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Sebelum mengikuti kontes para siswa terlebih dahulu diuji melalui berbagai tahap di tingkat sekolahnya. Akhirnya sebanyak 32 siswa terpilih untuk bersaing pada ajang final Kontes Mekanik yang digelar pada 19 – 20 Mei di Main Dealer Training Center (MDTC) Astra Motor NTB, sebagai ajang mengadu skill dan pengetahuan mereka tentang teori maupun praktek perbaikan sepeda motor Honda.

Sesi demi sesi dilalui oleh para pelajar ini, dimulai dari sesi teori pengetahuan sepeda motor, praktek alat ukur, praktek perakitan spare part sepeda motor Honda, praktek perakitan komponen kelistrikan, hingga praktek trouble shooting system PGM Fuel Injection Sepeda motor Honda.

Technical Service Sub. Dept. Head , Astra Motor Region NTB, AA Made Surya Adicipta menjelaskan mengenai tujuan dari penyelenggaraan kontes Mekanik merupakan ajang tolak ukur kemampuan serta uji kompetensi siswa dalam memahami seluruh materi yang telah diajarkan oleh sekolah berdasarkan kurikulum teknik sepeda motor Honda dari PT. Astra Honda Motor (AHM).

Kontes Mekanik bagi pelajar SMK  ini diharapkan dapat memacu siswa SMK untuk meraih prestasi dan cita-cita mereka di dunia teknik sepeda motor melalui keterampilan yang teruji dan selaras dengan perkembangan teknologi terkini yang ada di dunia industri kendaraan roda dua.

“Dengan semangat Satu Hati, kami berkomitmen untuk mendukung mimpi dan cita-cita generasi muda di dunia teknik sepeda motor dengan menyelenggarakan kontes SMK Nasional secara rutin setiap tahun,” kata Agung.

Pemenang kontes ini merupakan siswa terbaik yang siap mewujudkan cita-cita di bidang teknik sepeda motor di masa mendatang.  Seluruh siswa SMK ini, memang telah dipersiapkan oleh sekolah sebagai lulusan yang siap kerja. Sehingga para siswa ini terlihat cekatan dalam menyelesaikan soal yang diberikan oleh Juri.

Pada gelaran Kontes Mekanik tahun 20017  ini, keluar sebagai juara 1, Sandiy Fujianto perwakilan siswa dari SMK Negeri 3 Mataram, disusul Juara 2, Putu Indra Wijaya dari wakil SMK Negeri 3 Mataram, dan Juara 3, Rida Saptiansyah dari SMK Negeri 2 Sumbawa.

Sebagai pemenang pada kontes mekanik SMK ini, Sandy Fujianto berhak mewakili NTB di ajang kontes  mekanik SMK nasional yang akan digelar pada bulan Agustus di Jakarta.

“Semoga gelaran kontes mekanik SMK ini menjadi ajang penyemangat para siswa untuk belajar dan belajar lagi dalam menimba ilmu teknik sepeda motor Honda, sehingga kedepannya lulusan SMK teknik sepeda motor bisa langsung diterima bekerja ataupun membuka lapangan kerja baru,” ujar Imam Nawawi, selaku instruktur, serta Ketua Kontes Mekanik pelajar SMK se NTB. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid