Astra Motor NTB Edukasi Safety Riding Driver Ojek Online

safety-riding
EDUKASI : Puluhan peserta edukasi safety riding dari driver ojek online nampak serius mendengar penjelasan dari instruktur.

MATARAM – Astra Motor NTB memberikan edukasi safety riding atau berkendara dengan aman kepada pengendara ojek online yang ada di Kkota Mataram, Selasa (9/11).  Sebanyak 31 rang pengendaraatau driver  yang berprofesi sebagai ojek online (Ojol) mendapatkan edukasi cara aman berkendara dari instruktur berpengalaman yang dihadirkan langsung oleh Astra Motor NTB. Para driver ojol diberikan edukasi dalam berkendara yang aman agar saat mereka bekerja tetap selalu dalam keadaan safety.

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan, tujuan dari edukasi bagi driver ojek online adalah untuk memberikan edukasi safety riding kepada karyawan dan mitra grab yang berada di Mataram, sehingga mereka lebih peduli untuk keselamatan diri sendiri, penumpang dan juga pengendara lainnya.

“Edukasi dimulai dengan pemberian materi basic dari keselamatan berkendara diantaranya materi awareness, basic skill dan pemutaran video #Cari_Aman agar para peserta dapat lebih memahami melalui visual video. Tak lupa informasi seputar pentingan penggunaan riding gear juga ditekankan dalam edukasi ini,” jelas Satria.

Kegiatan berlangsung selama 1,5 jam sejak pukul 09.30 Wita hingga 11.00 Wita. Adapun pemateri dalam edukasi kali ini dibawakan oleh Dwi Oktawijaya yang merupakan Instruktur Safety Riding AHM Jakarta. Meskipun materi diberikan secara online, namun seluruh peserta driver ojol terlihat antusias. Mengingat kegiatan edukasi seperti ini jarang mereka terima. Bahkan tak sedikit dari peserta yang berpartisipasi dalam edukasi ini mengaku jika ini merupakan pengalaman pertama mereka mendapat bimbingan dalam keselamatan berkendara.

Diawal sesi sebelum materi diberikan Okta, memberikan pre-test kepada seluruh peserta untuk menguji pengetahuannya sebelum diberikan materi edukasi dan setelah materi diberikan post-test juga. Berdasarkan hasil kedua test yang diberikan hasilnya sangat signifikan yang sebelumnya hanya mendapat skor 35% kemudian melonjak menjadi 80%. Bahkan ada 5 peserta yang menjawab benar semua dari seluruh pertanyaan.

“Tentunya hal ini sangat kami apresiasi,” tambah Satria.

M Firmansyah sebagai City Lead Grab Mataram mengatakan untuk safety riding ini harapannya bisa di lakukan oleh team Astra Motor NTB secara berkala bersama Grab agar semua driver atau mitra ojol lebih aware lagi terhadap keselamatan berkendara dan bisa membawa penumpang dengan aman dan nyaman. (luk)

BACA JUGA :  Honda NTB Gencarkan Edukasi Safety Riding