Astra Motor Konsisten Dukung Kampung Binaan

Astra Motor Konsisten Dukung Kampung Binaan
Puluhan karyawan PT Astra Motor Region NTB menggelar kegiatan sosial di Kampung Astra Berseri di Kelurahan Dasan Cermen.

MATARAM—PT Astra Motor Region NTB kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap lingkungan di kawasan sekitar kantor Astra Motor, yakni Kelurahan Dasan Cermen, Kota Mataram. Sebagai kampung binaan PT Astra Motor, Kelurahan Dasan Cermen mendapatkan perhatian lebih dalam alokasi bantuan sosial berupa program corporate social responsibility (CSR).

“Kelurahan Dasan Cermen menjadi Kampung Berseri Astra yang mendapatkan berbagai program dari alokasi dana CSR,” kata perwakilan PTAstra Motor Region NTB, Ni Nyoman Swastini, Senin (24/7).

Dikatakan, Astra Motor Region NTB secara rutin mengelar ‘cleanig race’ sebagai wujud kepedulian karyawan, dengan menggelar kegiatan bersih-bersih kawasan lingkungan yang merupakan Kampung Astra Berseri. Selain itu Kampung Astra Berseri di Kelurahan Dasan Cermen ini juga mendapatkan berbagai bantuan, mulai dari pengembangan ekonomi bagi masyarakat yang menjadi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bantuan modal usaha, serta mesin peralatan.

Tak hanya itu, Astra Motor Region NTB juga ikut membantu renovasi sekolah/madrasah dan bantuan sosial untuk Panti Asuhan (PA) yang ada di kelurahan tersebut.

Pihaknya berharap melalui langkah nyata ini bisa mengedukasi masyarakat, pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan, mencoba memberikan inspirasi yang dapat membentuk budaya peduli terhadap kebersihan lingkungan tempat tinggal warga.

Selain membentuk Kampung Astra Berseri, PT Astra Motor Region NTB melalui program IGA (Income Generate Activity ) juga memiliki program bantuan pengembangan wirausaha beternak ayam untuk kampung binaanya di Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Astra Motor mengajak masyarakat daerah Desa Batu Mekar Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu Kecamatan Lingsar Lombok Barat, untuk berternak ayam kampung.

Program IGA yang diprakarsai PT Astra Motor ini telah berjalan 2 tahun, dan mampu menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat kurang mampu untuk mandiri menjadi wirausaha, ditengah sulitnya perekonomian masyarakat pedesaan untuk mencari penghasilan tambahan. PT Astra Motor kembali mengelontorkan bantuan untuk program IGA di tahun 2017.

Program IGA dari Astra Motor Region NTB tahun 2017 ini, diberikan kepada kelompok masyarakat Desa Batu Mekar Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu Kecamatan Lingsar Lombok Barat yang notabene merupakan masyarakat kurang mampu, dan belum memiliki pekerjaan tetap.

Tahun 2017 ini, kelompok masyarakat Desa Batu Mekar Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu Kecamatan Lingsar Lombok Barat juga mendapatkan bantuan berupa 600 ekor ayam ternak jenis ayam KUB ( Kampung Unggulan Balitbang ), beserta pakan dan kelengkapan peternak lainya hingga masa panen. Bukan hanya itu, masyarakat juga diberikan pelatihan, pembinaan hingga pemasaran dari tim yang telah berpengalaman dalam usaha ternak ayam.

Sementara Adm Finance Sub Dept Head Astra Motor Region NTB, I Nyoman Sukadana mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah wujud nyata Astra Motor dalam membina masyarakat dengan menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat yang kurang mampu di wilayah NTB melalui menciptakan wirausaha baru di bidang peternakan, yang didampingi penuh oleh tim IGA Astra Motor hingga masyarakat nantinya mampu menjadi wirausaha mandiri.

“Melalui bantuan wirausaha ternak ayam ini, masyarakat kurang mampu di dua desa ini bisa mendapatkan pendapatan, dan menjadi wirausaha yang mandiri,” kata Sukadana. (luk)

BACA JUGA :  Penjualan Honda Verza Melonjak 43 Persen
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaTerobsesi Jadi Dokter
Berita berikutnyaTambang Ilegal Ancam Pariwisata Loteng