Astra Motor Bantu Warga Wirausaha Ternak Ayam

Astra Motor Bantu Warga Wirausaha Ternak Ayam
BANTUAN TERNAK: Adm Finance Sub Dept Head Astra Motor Region NTB, I Nyoman Sukadana, bersama tim Astra Motor NTB saat menyerahkan bantuan ternak ayam kepada warga desa di Kecamatan Lingsar, Jum’at kemarin (16/6). (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Berangkat dari kepedulian bagi masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki keterampilan dalam berwirausaha, PT Astra Motor Region NTB melalui program IGA (Income Generate Activity), mengajak masyarakat daerah Dusun Nyurbaye Gawah, dan Dusun Karang Temu, di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, untuk berternak ayam kampung.

Program IGA yang diprakarsai PT Astra Motor ini telah berjalan 2 tahun sebelumnya, dan mampu menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat kurang mampu untuk mandiri menjadi wirausaha ditengah sulitnya perekonomian masyarakat pedesaan untuk mencari penghasilan tambahan. PT Astra Motor kembali mengelontorkan bantuan untuk program IGA di tahun 2017.

Program IGA dari Astra Motor Region NTB tahun 2017 ini, diberikan kepada kelompok masyarakat Desa Batu Mekar di Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu, yang notabene merupakan masyarakat kurang mampu, dan belum memiliki pekerjaan tetap.

Kesempatan ini, kelompok masyarakat Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu juga mendapatkan bantuan berupa 600 ekor ayam ternak jenis ayam KUB (Kampung Unggulan Balitbang ), beserta pakan dan kelengkapan peternak lainnya hingga masa panen. Bukan hanya itu, masyarakat juga diberikan pelatihan, pembinaan hingga pemasaran dari tim yang telah berpengalaman dalam usaha ternak ayam.

Adm Finance Sub Dept Head Astra Motor Region NTB, I Nyoman Sukadana mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah wujud nyata Astra Motor dalam membina masyarakat dengan menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat yang kurang mampu di wilayah NTB melalui menciptakan wirausaha baru di bidang peternakan, yang didampingi penuh oleh tim IGA Astra Motor hingga masyarakat nantinya mampu menjadi wirausaha mandiri.

BACA JUGA :  Motor Honda CRF250Rally Mulai Mengaspal di NTB

“Melalui bantuan wirausaha ternak ayam ini, masyarakat kurang mampu di dua desa ini bisa mendapatkan pendapatan dan menjadi wirausaha yang mandiri,” kata Sukadana, Jum’at kemarin (16/6).

Nawiah dan Abdulrahman selaku penerima bantuan mengaku bersyukur atas bantuan ternak ayam dan pakan yang diberikan oleh PT Astra Motor Region NTB. Harapan akan berwirausaha mandiri dalam bidang peternakan akhirnya bisa terwujud melalui bantuan PT Astra Motor yang memberikan DOC ayam , pakan hingga obat-obatan untuk ternak ayam.

BahkanAbdulrahman megngaku merasa sangat tertolong dalam keseharianya yang kesulitan mendapatkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,akhirnya menemukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari hari. “Dengan bantuan ini kami mengembagkannya menjadi lebih besar dan menjadi usaha utama untuk di kemudian hari,” ungkap Abdulrahman.

Program IGA Astra Motor (Income Generate Activity), telah berjalan sejak tahun 2010, dimana Astra Motor mewujudkan kebutuhan dari masyarakat yang kurang mampu, dengan bentuk berupa segi usaha, permodalan serta bimbingan hingga masyarakat mampu menjadi produktif serta menghasilkan.

Sejak 2 tahun lalu, Astra Motor bahkan mampu mencetak 4 Kelompok Wirausaha baru yang bergerak di bidang perternakan, salah satunya, Made dari Dusun Pemangkalan Desa Batu Mekar dan bisa menghidupkan keluarganya.

Program IGA merupakan bukti nyata kepedulian Astra Motor sebagai Main Dealer sepeda Motor Honda di NTB kepada masyarakat, dalam mewujudkan SDM yang produktif dan maju bersaing. (luk)