ASN Disarankan ke Kantor Menggunakan Sepeda

BESEPEDA: Bupati dan wakil bupati bersama para ASN Lombok Tengah saat bersepeda mengelilingi Kota Praya, Jumat kemarin (10/9). (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Pemkab Lombok Tengah meluncurkan program ‘SiBejok’ atau “Silak Besempede Juk Kantor” (ayok ke kantor menggunakan sepeda, red) pada jumat lalu. Dengan diluncurkannya program tersebut, maka para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup pemkab diminta untuk menggunakan sepeda ke kantor dua kali dalam sebulan.

Seperti diketahui bahwa program ‘SiBejok’ ini diluncurkan dalam rangka menyambut dan merayakan Hari Olahraga Nasional tahun 2021. Selain itu. dihajatkan untuk mengajak para ASN untuk gemar bersepeda. Untuk menyukseskan kegiatan itu, diterbitkan surat yang ditandatangani langsung oleh Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri pada 31 Agustus lalu.

Dimana dalam surat dengan nomor: 441.5/77/adm-kesra tersebut, disebutkan bahwa pada hari peluncuran program ini. Oleh Bupati, Wakil Bupati, Sekda beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan ASN akan bersepeda keliling Kota Praya. Kegiatan ini juga melibatkan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di daerah itu.

BACA JUGA :  Polres Loteng Bentuk Satgas Rumah Kosong

Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri menyatakan, program ‘SiBejok’ itu sengaja diluncurkan dengan hajatkan sebagai upaya untuk mendukung pengurangan emisi gas buang Co². Di satu sisi kegiatan ini juga sebagai upaya untuk mengajak masyarakat terutama para ASN untuk tetap berolahraga salah satunya dengan bersepeda. “Kegiatan bersepeda ini juga sebagai ajang silaturrahmi sembari kita berolahraga untuk mengelilingi Kota Praya. Karena tidak bisa kita nafikan bahwa masyarakat bersepeda sebagai transportasi yang murah, sehat dan menyenangkan. Program memasyarakatkan sepeda bagi masyarakat ini kita harapkan menjadikan para ASN dan masyarakat gemar berolahraga,” ungkap H Lalu Pathul Bahri, Jumat kemarin.

BACA JUGA :  Nama OPD Baru Mulai Dipasang

Pihaknya menegaskan, dengan diluncurkannya program ini, maka kedepan setiap hari jum’at minggu ke dua dan ke empat, setiap ASN diharuskan ke kantor munggunakan sepeda. Karena baginya bahwa ternyata besepeda ini sangat bagus untuk mengajarkan para ASN untuk berolahraga atau menerapkan hidup sehat. “Jadi tidak setiap hari kita meminta ASN untuk bersepeda, tapi dua kali sebulan yakni minggu kedua dan keempat hari Jumat. Ini sebagai salah satu upaya kita juga untuk mendukung pengurangan emisi gas buang Co². Di satu sisi dengan bersepeda ini membuat tubuh kita juga menjadi sehat dan kita akan star di pendopo kemudian finish di kantor bupati,” terangnya. (met)