ASN di Lotim yang Terlilit Hutang Diberikan ZIS

BANTUAN : Bupati Lotim HM Sukiman Azmy saat menyerahkan ZIS ke ASN yang masuk golongan Gharimin.(ist)

SELONG– Baznas Lombok Timur (Lotim) menyerahkan zakat, infaq, dan sadaqah (ZIS) ke Aparatur Sipil Negara (ASN) yang masuk golongan Gharimin atau terbebani hutang.

ZIS yang diberikan ini berasal dari gaji ke-13 ASN yang ada di Lotim. Penyerahan ZIS ke ASN tersebut diberikan secara simbolik oleh Bupati Sukiman Azmy di Pendopo Bupati Senin lalu (19/7). Penyerahan simbolik ini diterima langsung oleh tiga ASN di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). ” Meski nilai yang diterima kecil dan tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan,hal tersebut disebabkan karena ZIS yang terkumpul akan didistirbusikan kepada seluruh ASN yang termasuk golongan gharimin di daerah ini,” kata Sukiman.

BACA JUGA :  Diharuskan Beli VCD Senam, Sekolah Keberatan

Khusus di lingkup Dinas Dikbud ujar dia, jumlah ASN yang mendapatkan ZIS sebanyak 200 orang dengan total dana yang disalurkan Rp 500 juta. Selain lingkup Dikbud, ZIS ini juga akan disalurkan kepada ASNdi OPD lainnya, termasuk Dinas Kesehatan dengan nilai Rp 500 juta. ” Jumlah tersebut dapat sedikit membantu meringankan beban di tengah kondisi pandemi saat ini. Disadari kondisi pandemi ini berdampak luas terhadap masyarakat. Karena itu pula pemda akan menyalurkan 150 ton beras bagi masyarakat, serta 30 ton bagi Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) dan Panti Asuhan ,” imbuh Sukiman.

BACA JUGA :  Polisi Mulai Lakukan Penyekatan Masuk Lotim

Sementara itu Ketua Baznas Lotim Ismmul Basar menyampaikan progres pengembangan ZIS di Lotim. Berbagai inovasi terus dilakukan di antaranya melalui keberadaan petugas di tiap-tiap kecamatan, keberadaan sentra pengembangan ekonomi ummat di Terara, serta mengoptimalkan fungsi masjid sebagai sentra pengembangan ekonomi ummat. ” Penyerahan ZIS ini juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan Baznas yaitu dengan mendistribusikan kembali ZIS kepada ASN yang berasal dari ASN,” jelasnya. (lie)