Asmuni Kembali Jabat Ketua DPC Peradi Kota Mataram

FOTO BERSAMA: Para anggota Peradi foto bersama setelah terpilihnya Asmuni menjadi Ketua DPC Peradi Kota Mataram. (ROSYID/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Dr Asmuni kembali dipercaya mengemban jabatan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokad Indonesia (Peradi) Kota Mataram untuk lima tahun ke depan.

Dr Asmuni mengatakan akan terus meningkatkan kualitas DPC Peradi Kota Mataram dengan kinerja dan program yang lebih baik. “Kami akan meningkatkan kualitas yang lebih baik untuk kepentingan masyarakat, terutama dalam pembelaan hukum,” ucapnya usai Musyawarah Cabang (Muscab) II  Tahun 2022 DPC Peradi Kota Mataram di Hotel Aston Inn, Sabtu (24/9).

Dikatakan, Muscab II ini merupakan momen berkumpulnya anggota Peradi Kota Mataram; saling bersinergi antar-penegak hukum. Baginya, tanpa sinergitas yang kuat, penegakan hukum akan porak-poranda. Dan tanpa adanya sinergitas ini, masyarakat sendiri yang akan menjadi korban. “Kami pererat sinergitas dengan penegak hukum dengan menghindari terjadi suap, lobi-lobian, amplop bawah tangan. Dengan begitu, penegakan hukum akan menyentuh ke bawah dan ke atas. Jangan sampai ada suap dan janji manis dari advokat kepada penegak hukum. Hindari itu!” tegasnya.

Baca Juga :  650 Alumni Unram Serbu Job Fair 2022

Dengan menghindari hal semacam itu, maka penegakan hukum akan berjalan dengan baik tanpa adanya diskriminasi dan suap. “Dengan menghindari itu, maka hasilnya akan bagus. Itu yang kami harapkan,” harapnya.

Kemudian ke depan lanjutnya, Peradi Kota Mataram akan membentuk Pusat Bantuan Hukum (PBH), dananya dari DPN Peradi yang pada nantinya diarahkan ke masyarakat. “Jadi, masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum, baik masalah pidana, perdata dan tata usaha negara gratis melalui PBH Peradi,” jelasnyas.

Jika program ini tersosialisasi dengan baik, maka tidak ada lagi masyarakat mencari pengacara yang tidak memiliki kualitas. “Karena sudah ada wadahnya, yaitu PBH Peradi NTB yang dibentuk oleh DPN Peradi dan kami yang ada di NTB juga akan menerjunkan advokad yang berkualitas untuk membantu masyarakat,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dinilai Politis, Bapemperda akan Evaluasi Brida

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Pengembangan Advokad Muda DPN Peradi Chrisman Damanik menyakini, DPC Peradi Kota Mataram akan berkembang dengan pesat dan luar biasa. “Saya berharap DPC Peradi Kota Mataram bisa menampung seluruh aspirasi anggota dan dapat melakukan kerja organisasi serta kerja keadvokadan yang semakin baik ke depan,” harapnya.

Mengenai bantuan hukum ke masyarakat bawah, hal itu akan menjadi fokus DPN Peradi ke depan. Dari pembentukan PBH itu, nantinya Peradi Kota Mataram akan menyentuh masyarakat bawah, dan mengetahui apa yang menjadi persoalan masyarakat. “Apapun itu persoalannya, Peradi Kota Mataram dan PBH harus mampu untuk menyentuh persoalan-persoalan masyarakat dan menyelesaikan persoalan masyarakat dengan baik dan adil,” tegasnya. (cr-sid)

Komentar Anda