ASDP Layani 800 Pemudik Program Mudik Gratis BUMN

PELABUHAN: Ilustrasi-Dua orang melihat ke arah kapal feri yang sedang berlabuh di sebuah pelabuhan. (ANTARA/HO-HUMAS ASDP)

JAKARTA (ANTARA)–BUMN PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menghadirkan Program Mudik Gratis bersama BUMN 2024 yang melayani hingga 800 orang pemudik di tiga lintasan.

Sekretaris Perusahaan ASDP Shelvy Arifin di Jakarta, Selasa mengatakan program mudik tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan ASDP dalam mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang akan mudik Lebaran Idul Fitri 2024 M/ 1445 Hijriah.

“Ini dalam rangka mendukung Program Mudik Asyik BUMN dan untuk turut menyemarakkan nuansa mudik Lebaran tahun ini dan menekan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor,” kata Shelvy.

Mengutip data Kepolisian RI, kata Shelvy, jumlah kecelakaan lalu lintas (lalin) tahun 2023 di Indonesia mencapai 116 ribu kejadian, dan insiden kecelakaan tersebut 77 persen di antaranya melibatkan sepeda motor sebagai penyebabnya.

“Karenanya, ASDP berkomitmen untuk mendukung program pemerintah dalam menekan jumlah kecelakaan lalin yang didominasi oleh sepeda motor, dan mendukung perhelatan angkutan Lebaran tahun 2024 dapat berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat,” ucap Shelvy.

Shelvy menjelaskan saat ini pendaftaran mudik gratis bersama ASDP sudah ditutup dan bagi peserta yang telah mendaftar, khususnya untuk Lintasan Jakarta – Bandar Lampung dapat melakukan daftar ulang di kantor pusat ASDP dengan jadwal 2-3 April 2024 pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Pendaftar yang diwajibkan membawa salinan KTP, salinan Kartu Keluarga, serta surat kuasa perwakilan pengambilan tiket bagi pengganti peserta yang sebelumnya mengundurkan diri.

Peserta yang sudah melakukan daftar ulang, lanjut Shelvy menjelaskan, akan mendapatkan tiket mudik yang memiliki nomor kursi sesuai dengan urutan daftar ulang, beserta hadiah (merchandise) menarik dari Mudik Asyik bersama BUMN.

“Keberangkatan kapal dijadwalkan pada Jumat, 5 April 2024 dan waktu keberangkatan mengikuti tiket yang sudah dipesan oleh pemudik sebelumnya,” ujar Shelvy.

ASDP menyebut lintasan dan kuota yang dibuka sebelumnya, diantaranya Jakarta – Bandar Lampung dengan kuota 40 orang; kedua Hunimua – Waipirit (Maluku) dengan kuota 560 orang; dan ketiga Bajoe – Kolaka (Sulawesi Tenggara) dengan kuota 200 orang.

Shelvy mengingatkan bagi pengguna jasa yang akan menyeberang untuk memperhatikan kesehatannya dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan menjaga kebersihan.

“Kami harap masyarakat yang telah memilih mudik bersama ASDP dapat menikmati perjalanan mudiknya hingga sampai ke tempat tujuan,” tandas Shelvy.

ASDP memprediksi puncak arus mudik penyeberangan layanan angkutan Lebaran 2024 pada Sabtu (6/4) atau H-4 dan Minggu (7/4) atau H-3. Lalu, untuk puncak arus balik Lebaran diprediksi terjadi pada Minggu (14/4) atau H+3 dan Senin (15/4) atau H+4.

ASDP menyebut jumlah lintasan yang dipantau secara nasional selama pelaksanaan Posko Lebaran 2024 sejumlah delapan lintasan di sembilan cabang yakni Merak-Bakauheni; Ketapang-Gilimanuk dan Jangkar-Lembar; Padangbai-Lembar; Kayangan-Pototano; Ajibata-AmbaritaSelanjutnya Bajoe-Kolaka; Tj. Api-Api-Tj.Kalian; Panajam-Kariangau.

“Diperkirakan jumlah penumpang Angkutan Lebaran tahun ini mencapai 5,78 juta penumpang dan 1,37 unit kendaraan di delapan lintasan terpantau nasional yang berada di bawah koordinasi sembilan Cabang ASDP,” kata Shelvy. (Muhammad Harianto/I Komang Suparta)

Komentar Anda