Arus Balik di Pelabuhan Terpantau Lancar

GIRI MENANG – Arus balik lebaran di Pelabuhan Lembar pada hari terakhir libur panjang kemarin terpantau lancar. Berdasarkan catatan yang ada, sebagian besar pengguna jasa penyeberangan menyasar tujuan Pulau Dewata Bali. Sebagian besar mereka bekerja di Bali. “ Berdasarkan data penyeberangan, lebih banyak ke pelabuhan Padang Bae,” ungkap Korwil Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Lembar Muhammad Hendra kepada Radar Lombok, Minggu (10/7). 

Dirincikan, data penumpang orang dari pelabuhan Lembar ke Padang Bae Bali pada hari H+1 lebaran sebanyak 2.843 orang, kendaraan roda 2 dan 4 sebanyak 1.029 unit. Selanjutnya H+2, jumlah penumpang orang sebanyak 3.532, kendaraan roda 2 dan 4 sebanyak 1.360 unit.

Sementara data penyeberangan dari pelabuhan Padangbai ke pelabuhan Lembar pada hari lebaran, jumlah penumpang sebanyak 2.199 orang dan kendaraan 778 unit. Pada H+1 jumlah penumpang sebanyak 2.632 orang dan kendaraan hanya 828 unit. Sementara H+2 jumlah penumpang sebanyak 5.013 orang dan kendaraan 1.644 unit.” Perbedaan penumpang pada hari lebaran saja mencapai 644 orang dan kendaraan 251 unit. Sedangkan H+1 sebanyak 900 orang dan 532 unit," paparnya.     

BACA JUGA :  ASDP Kayangan dan Lembar Siapkan 57 Kapal Mudik

Untuk arus balik, penumpang lebih banyak memilih menyeberang pada malam hari. Arus balik sendiri terpantau lancar. Ini juga berkat kesigapan seluruh pihak. Tidak ada penumpukan kendaraan.

Kondisi ini juga berkat adanya Surat Edaran Kementerian Perhubungan tentang pengaturan arus lalu lintas dan penyeberangan kapal. “ Tidak seperti pelabuhan lainnya, karena kondisi penyeberangan di pelabuhan lebih membaik,” ujarnya.

Puncak arus balik adalah kemarin berhubung jadwal masuk kantor dan kerja dimulai hari ini. Pihak setempat memprediksi tidak akan ada lonjakan penumpang di atas yang diprediksi. Memang ada kepadatan, tapi tidak sampai menimbulkan kemacetan. Apalagi kondisi dua dermaga di pelabuhan beroperasi dengan baik plus 33 kapal dengan 12 trip. Cuaca juga bersahabat.(flo)