Aruna Senggigi Hotel Gelar Kegiatan Sosial Donor Darah

Aruna Senggigi Hotel
AKSI SOSIAL : Sejumlah personil Polsek Senggigi mengikuti aksi donor darah yang dilaksanakan Aruna Senggigi Hotel, Selasa (11/2).

Sambut Hari Kanker Anak Sedunia 2020

GIRI MENANG – Aruna Senggigi Resort & Convention kembali menggelar aksi donor darah dalam rangka Hari Kanker Anak Sedunia yang jatuh pada 15 Februari 2020. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 11 Februari 2020 bertempat di Kayumanis Rooftop yang dimulai pada pukul 08.00 Wita. Aruna Senggigi Resort & Convention mengajak para staff dan seluruh masyarakat untuk selalu peduli dan memupuk rasa tolong menolong kepada semua orang.

“Kami ingin masyarakat tahu dan sadar bahwa di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan asupan darah. Untuk itu, harus kita tolong,” kata General Manager Aruna Senggigi Resort & Convention Weni Kristanti, Selasa (11/2).

Kegiatan donor darah telah menjadi aktivitas rutin yang telah dilakukan Aruna Senggigi Hotel sejak 2019 lalu. Kegiatan donor darah akan membawa banyak manfaat yang tidak hanya untuk orang lain, tetapi juga untuk diri sendiri. Diantaranya, meningkatkan kesehatan jantung karena mengurangi tingkat kekentalan darah, sehingga memungkinkan darah mengalir lebih mudah melalui pembuluh darah.

Weni menyampaikan pula bahwa dalam kegiatan ini ditargetkan untuk mendapatkan 100 kantung darah sebagai dukungan kepada PMI UDD Lombok Barat, dimana pada 5 Desember 2019 yang lalu Aruna Senggigi Hotel mendapatkan penghargaan sebagai “Instansi Donor Rutin Terbanyak”.

Aktivitas donor darah yang dilakukan kali ini terkesan istimewa dimana para staff hotel tampak mengenakan kostum “Pirates” dengan tujuan menambah keseruan selama kegiatan berlangsung. Kegiatan ini juga didukung seluruh masyarakat kawasan Senggigi, instansi pemerintah daerah, Dit Pamobvit Polda NTB, Dit Samapta Polda NTB, Lanud ZAM, Pol-Airud Polres Lobar, Lanal Mataram serta tamu hotel yang sedang menginap pun ikut berparitispasi mendonorkan darah mereka di acara tersebut. Hadir pula Wakapolda NTB Brigjen Pol Asby Mahyuza memberikan dukungan dalam kegiatan donor darah kali ini.

Weni Kristanti optimis bahwa dengan kegiatan sosial yang dilakukan dan selalu peduli terhadap sesama di sekelilingnya, maka akan tercipta lingkaran persaudaran yang baik ke depannya.

“Kami ingin mengajak dan membiasakan para staff dan teman-teman untuk selalu peduli terhadap sekitar tidak hanya untuk keperluan pekerjaan, tetapi rasa empati kepada masyarakat di luar sana juga tetap tumbuh agar kita semua menjadi pribadi yang selalu bersyukur dan bermanfaat untuk orang lain,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Paur Kesla Lanal Mataram Letda Laut dr Ardita Fransiska Pratiwi memberikan sedikit informasi tentang outbreak kesehatan yang sedang menjadi sorotan yakni penyuluhan bahaya infeksi novel Coronavirus (2019-nCoV) atau yang popular disebut dengan virus corona yang sekarang ini sedang mewabah di berbagai belahan dunia dan virus ini pertamakali ada di Wuhan China. 

WHO telah mengumumkan bahwa nCoV saat ini dikategorikan sebagai public health emergency of international concern (PHEIC). Gejala klinis biasanya muncul dalam 2 hari hingga 14 hari setelah paparan. Tanda dan gejala umum infeksi coronavirus, antara lain gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk dan sesak napas. Pada kasus yang berat dapat menyebabkan pneumonia, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal, dan bahkan kematian.

Saat ini belum tersedia vaksin 2019-nCoV. Vaksin yang beredar untuk pneumonia akibat mikroorganisme yang lain. Pengobatan selama ini bersifat supportif sesuai dengan gejala yang ada. Beberapa pencegahan yang bisa dilakukan diantaranya mencuci tangan dengan air sabun enam langkah atau dengan alkohol, tutup mulut dan hidung dengan masker, tissue atau dengan tangan saat batuk ataupun bersin, gunakan masker saat kontak dengan individu, dengan batuk dan demam dan periksa ke tenaga kesehatan jika terdapat gejala demam dan sulit bernafas.

“Saat berkunjung ke pasar gunakan perlindungan diri saat kontak dengan hewan,” sarannya. (luk)

BACA JUGA :  Aruna Senggigi Hotel Hadirkan ASBAQ dan Pasar Malam