Artha Graha Peduli Gelar Pasar Murah Sembako Bersubsidi

SELONG—Yayasan Artha Graha Peduli (AGP) kembali menggelar pasar murah Sembako di wilayah NTB. Tahun ini AGP menggelar di tiga titik, masing-masing di Sekotong, Lombok Barat, Jerowaru dan Sukadame di Lombok Timur, dengan masing-masing titik disiapkan 1000 paket lebih. Paket yang berisi 2 kg beras, 1 kg gula pasir, 1 liter minyak goreng Bimoli dan 3 bungkus Supermie ini hanya dijual dengan harga Rp. 25 ribu.

Bekerjasama dengan Indofood di seluruh Indoesia, kegiatan ini digelar sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok pada bulan Ramadan, dan menjelang Idul Fitri, serta dilaksanakan di seluruh Indonesia sejak 31 Mei lalu.

Bahkan di beberapa daerah, khususnya di sekitar Jabotabek, AGP juga bekerjasama dengan Induk Koperasi Kepolisian  (Inkopol) dalam menggelar operasi pasar daging murah dengan harga Rp. 75 ribu per kg, dari harga pasaran yang saat ini telah mencapai Rp. 120 ribu per kg.

AGP telah melaksanakan kegiatan bantuan Sembako ini sejak tahun 1990-an, dimana saat itu masih belum memiliki lembaga. Saat itu, setiap hari Jum’at mendistribusikan beras kepada warga yang kurang mampu. Hingga kemudian sekitar tahun 2000, media mengenalnya dengan nama Artha Graha Peduli (AGP).

Seluruh jajaran Artha Graha Network (AGW) bersama dengan AGP terjun langsung dan terlibat dalam setiap kegiatan operasi pasar dan pasar murah, mulai dari penyiapan logistik, pengepakan hingga pendistribusian ke masyarakat yang membutuhkan. “Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat terbentuk jalinan silaturrahim jangka panjang yang dapat dilanjutkan dengan program-program peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Korlap operasi wilayah Bali dan Nusra, Trisno, kemarin (22/6).

Kepedulian untuk berbagi ini sesuai dengan komitmen pendiri Yayasan AGP, dan menjadi bagian penting dari pondasi Yayasan ini untuk berpartisipasi dalam mensejahterakan masyarakat dan bangsa Indonesia. Spirit ini menjadi jati diri seluruh jajaran AGP, sesuai dengan falsafah pendiri yayasan AGP.

Khususnya kegiatan yang dilaksanakan di Lotim berupa pasar murah Sembako bersubsidi, dilaksanakan selama dua hari, Rabu (22/6) berlokasi di aula Kantor Camat Jerowaru dan hari ini, Kamis (23/6) bertempat di Kantor Desa Suka Dame Kecamatan Jerowaru, Lotim. “Penjualan kita buka mulai pukul 09.00 Wita dan ini baru pertama kita laksanakan di sini. Kedepan kita juga berharap agar tetap dilaksanakan di Kecamatan ini,” jelasnya.

Hal ini didasarkan atas kondisi prekonomian masyarakatnya yang banyak miskin dan juga karakteristik daerah yang rentan kekeringan. Meski banyak warga yang datang membawa KTP mati, namun hal ini sangat berkesan. Berharap kedepan pemerintah dapat memperhatikan kebutuhan masyarakatnya, terutama yang tidak memiliki identitas ataupun identitasnya mati.

Sementara Camat Jerowaru, L Ahmad Zulkifli menyampaikan rasa terimakasih pada pihak AGP yang telah memberikan sentuhan bagi masyarakatnya. Dimana dengan sentuhan pasar murah ini, dikatakan akan sangat membantu masyarakanya dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. “Saya berharap kedepan agar pihak Artha Graha Peduli dapat memberikan sentuhan bagi seluruh masyarakat kami yang miskin, yang berjumlah sekitar 11 ribu KK hingga merata,” harapnya. (lal/adv)

BACA JUGA :  Pasar Rakyat Diminta Sasar Kantung Kemiskinan