Arifin Ingin Ekonomi Bima Berjalan Cepat

MATARAM—Calon Bupati Bima, H Arifin mengatakan bila dirinya diberikan kepercayaan, maka dia akan segera merealisasikan sejumlah gagasannya, agar roda pembangunan di Kabupaten Bima, bisa berjalan lebih cepat.

“Ibarat pelari, saya akan berlari lebih cepat. Tentu juga didukung oleh gagasan, inovasi dan kreativitas,” kata Arifin di Bima, akhir pekan lalu, seperti yang dikirimkan ke radarlombok.co.id, Senin (4/5/2020).

Dalam kesempatan tersebut, dia kembali menegaskan bahwa selain 10 program kerja yang sudah disiapkan, dia pun telah menyiapkan beberapa program lainnya. Seperti membangun irigasi dan perkebunan kering di lahan pertanian basah, karena memang program inilah yang dibutuhkan rakyat.

Program lain, yakni membangun lahan pertanian dan peternakan dengan sistem cluster, melalui penerapan teknologi monokuler pharmin, serta industri pertanian dan peternakan.

“Artinya, nanti program yang akan diterapkan, kita akan mengklaster mana lahan pertanian. Ini konsep pertanian bukan yang biasa, tapi menggunakan teknologi molokuler pharmin. Dan saya bertanggung jawab untuk penerapan di lapangan,” kata Arifin.

Kemudian yang akan “dikawal” juga adalah pendistribusian hasil pertanian. “Karena itu, akan saya buatkan klaster di mana nantinya ada klaster padi, dan ada klaster jagung. Ini juga berlaku untuk pembinaan nelayan,” tutur Arifin.

Di luar itu, lanjut dia, dalam sejumlah program, pihaknya juga akan mendatangkan sejumlah konsultan yang akan mengawal pengembangan pertanian dan peternakan.

Program lain adalah berupaya meningkatkan ekspor, dimana Pemda nantinya tidak hanya mendorong, tapi juga mengawal langsung hingga angka ekspor meningkat. “Ini bukan hanya buat sektor perikanan, tapi juga peternakan, pertanian dan perkebunan,” ujar Arifin seraya menambahkan, bahwa pihaknya akan membangun industri pariwisata, dan menggali sumber-sumber pendapatan lainnya. (gt)