April, Nasdem Buka Penjaringan Balon Kada

Muhammad Amin (Yan/Radar Lombok)

MATARAM—Menyonsong perhelatan pilkada NTB 2018 partai politik mulai membuka penjaringan bakal calon kepala daerah (balon Kada).

Partai Nasional Demokrat (Nasdem) berencana bakal membuka penjaringan pada april mendatang.  “April kita buka penjaringan,” kata Ketua DPW Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin, kepada awak media, Jumat kemarin (24/3).

Pihaknya pun masih menunggu juklak dan juknis dari DPP Partai Nasdem terkait hal itu. Direncanakan dalam waktu dekat ini DPP sudah akan menerbitkan juklak dan juknis tersebut. Hal itu menjadi acuan dan pedoman bagi partai Nasdem dalam proses penjaringan balon Kada.

[postingan number=3 tag=”politik”]

Dalam penjaringan tersebut semua kandidat diberikan kesempatan mendaftar. Semua pihak memiliki peluang dan kesempatan untuk didukung dan diusung Partai Nasdem.

Katanya, semua pendaftar harus mengikuti mekanisme semua tahapan. “Saya pun harus mendaftar juga,” kata Wakil Gubernur NTB itu.

Partai Nasdem pun masih terus menjalin dan membangun komunikasi politik parpol lain. Tidak ada parpol manapun bisa mengusung pasangan calon sendiri. Sehingga harus ada parpol mitra koalisi.

Disinggung ada dukungan dari kader Partai Nasdem agar Amin maju mencalonkan diri sebagai bakal calon gubernur, Amin mengapresiasi. Namun harus ada kalkulasi politik terkait peluang dirinya maju sebagai bacagub dari pada bacawagub.

Ia pun sudah berketetapan hati maju sebagai bacawagub di Pilkada NTB. “Saya harus realistis juga,” ucap mantan ketua DPRD Sumbawa itu.

Terkait desas-desus bakal calon gubernur berpasangan dirinya di Pillkada NTB. Amin mengatakan, relatif masih terlalu dini memutuskan calon pasangan. Semua bacagub sangat mungkin berpasangan dengan dirinya. Misalnya, Ahyar Abduh, Suhaili FT, dan Ali BD.

Kendati begitu, pihaknya pun tak bakal terburu-buru memutuskan hal tersebut. “Biasanya di injury time atau menit – menit terakhir baru akan terlihat,” bebernya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Golkar NTB, Baiq Isvie Rupaedah mengakui, Muhammad Amin merupakan salah satu figur yang masuk dalam radar Partai Golkar dan dipertimbangkan untuk menjadi pendamping Suhaili dalam pilkada NTB. Selain Amin, ada nama Johan Rosihan, Morry Hanafi dan Selly Handayani.

Dikatakan, ada beberapa hal menjadi pertimbangan dan telaah dalam memilih calon wakil. Misalnya, tingkat elektibilitas, dukungan parpol dan geografik kewilayahan. “Prinsipnya, calon wakil bisa mengerek tingkat elektibilitas pasangan calon,” pungkasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid