April, Museum NTB Gelar Cerdas Cermat

Ilustrasi Cerdas Cermat
Ilustrasi

MATARAM—Dalam waktu dekat ini, jajaran Museum Negeri NTB berencana menggelar kegiatan bergengsi. Pasalnya, April 2018 mendatang Museum NTB akan menggelar lomba cerdas cermat tingkat nasional. Bahkan proses seleksinya juga telah dijalankan, yang dimulai dari Pulau Sumbawa.

Kepala Museum Negeri NTB, Zubair Muslim mengatakan, lomba cerdas cermat tingkat nasional yang akan digelar, disebutnya sejauh ini pihaknya sudah melakukan seleksi di beberapa kabupaten di wilayah Pulau Sumbawa. Diantaranya sudah memulai seleksi di Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, KSB dan Sumbawa Besar.

Dari seleksi di masing masing Kabupaten tersebut, Zubair tegaskan bahwa mereka akan beradu di tingkat Pulau Sumbawa dulu. “Proses seleksinya kita sudah mulai untuk wilayah di Pulau Sumbawa,” katanya Senin kemarin (19/3).

Adapun seleksi selanjutnya sambung Zubair, nantinya akan dilanjutkan di Pulau Lombok. Dimana teknis dan prosesnya tidak jauh berbeda dengan yang di Pulau Sumbawa tersebut. Setelah itu, baru kemudian kedua pulau tersebut yakni Pulau Lombok dan Sumbawa pesertanya yang dinyatakan lolos sebagai perwakilan pulau. Mereka akan kembali berlaga dan mempertahankan pulaunya.

Dalam lomba tersebut, tema yang diambil pihaknya adalah tentang Kemuseuman. Dimana pesertanya melibatkan semua jenjang. Diantaranya, mulai dari TK, SD, SMP dan SMA/SMK.

Namun dalam hal ini, pihaknya mengaku tetap akan menyesuaikan pesertanya dengan kondisi sekolah masing masing disetiap pulau yang bersangkutan. Sehingga, jadwal dan proses seleksi lomba pun tidak merugikan jajaran Sekolah. “April mendatang kan siswa kelas X, XI, VIII dan V SD libur, jadinya tidak akan mengganggu proses belajar siswa kok,” tutupnya. (rie)