Aplikasi Mobile JKN Buat Kagum Baiq Risma

Baiq Charisma Yudistika (23).

PRAYA–Mempunyai jaminan perlindungan kesehatan merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh masyarakat. Hal tersebut bertujuan agar tidak merasa khawatir akan biaya saat sakit, terutama sakit yang membutuhkan biaya tinggi.

Kehadiran Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) membawa angin segar bagi masyarakat Indonesia. Pada tahun kedelapan berjalannya Program JKN-KIS, sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaat yang diberikan oleh program BPJS Kesehatan itu, salah satunya Baiq Charisma Yudistika (23). Wanita yang akrab dipanggil Risma itu mengaku selama dirinya menjadi peserta JKN-KIS, ia merasa terlindungi apabila suatu saat ia jatuh sakit.

“Saya adalah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Meski saya belum pernah menggunakan JKN-KIS untuk berobat, tetapi saya merasa terlindungi memiliki karena telah menjadi peserta. Terdaftar sebagai peserta JKN-KIS, membuat saya merasa lebih tenang dalam beraktivitas karena tidak perlu takut jika tiba-tiba sakit dan perlu berobat,” ujar Risma.

BACA JUGA :  BPJS Kesehatan Selong Gelar Monitoring dan Evaluasi KBK di Puskesmas Suralaga

Lebih lanjut Risma mengungkapkan bahwa ia sangat kagum terhadap salah satu aplikasi yang telah diluncurkan oleh BPJS Kesehatan, aplikasi itu adalah aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, dengan kehadiran aplikasi Mobile JKN, segala kebutuhan peserta dapat diakses hanya melalui smartphone dan sudah tidak perlu mengunjungi kantor cabang untuk memenuhi kebutuhan.

“Sekarang mau daftar BPJS kesehatan dapat diakses dengan mudah bisa melalui aplikasi Mobile JKN. Untuk anak milenial seperti saya ini sangat membantu saya yang belum punya BPJS buat daftar BPJS Kesehatan, terlebih fitur yang diberikan sangat lengkap dan membantu, seperti konsultasi dokter bisa melalui Mobile JKN dan pendaftaran layanan di FKTP juga bisa. Jadi tidak harus berangkat pagi untuk mengambil nomor antrean jika ingin berobat. Sangat membantu sekali,” cerita Risma dengan penuh antusias kepada tim Jamkesnews.

BACA JUGA :  Lagi, Kinerja BPJS Kesehatan 2020 Diganjar WTM, Kondisi Keuangan DJS Membaik

Di akhir perbincangan, Risma menyampaikan harapannya terhadap aplikasi Mobile JKN ke depannya kepada BPJS Kesehatan.

“Aplikasi Mobile JKN sudah sangat bagus, agar bisa lebih ditingkatkan lagi untuk usability pada aplikasi JKN Mobile dan kalau bisa ditambahkan fitur untuk reminder membayar iuran, jadi muncul pemberitahuannya di pop up hp harus membayar iuran. Terima kasih,” tutup risma. (ay)