APBD-P, Anggaran Kunker Dewan Bertambah

GIRI MENANG – Anggaran kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Lombok Barat bertambah di APBD-P dari yang selula Rp 5,5 miliar lebih menjadi Rp 7,2 miliar lebih. Penambahan diantaranya terjadi karena pada akhir tahun ini ada proses pemilihan wakil bupati Lombok Barat. Anggota dewan (Panlih) akan punya dana untuk melakukan konsultasi di Jakarta berkaitan pemilihan Wabup dan lain-lain.  “Memang benar dana kunjungan kerja untuk konsultasi luar daerah bertambah. Ini termasuk menyangkut proses pengurusan pemilihan Wabup,” ungkap Sekretaris DPRD Lombok Barat HL. Saswadi kepada Radar Lombok kemarin.

Saswadi member contoh, dana yang ada dipakai untuk kunjungan kerja berupa konsultasi masalah pemilihan di Kemendagri dan lain-lain. “ Ini memang direncanakan di APBD-P,” jelasnya.

Dari data yang ada, ada penambahan biaya Kunker sebesar RP 1,6 miliar lebih. Meski begitu kata Saswadi, penambahan ini bukan hanya untuk pengurusan pemilihan Wabup saja, melainkan juga untuk biaya lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Saswadi memberikan klarifikasi bahwa tidak ada penambahan anggaran reses dewan. Sebelumnya diberitakan ada penambahan sebesar Rp 1,9 miliar. Dari yang semula Rp 4 miliar menjadi Rp 6 miliar di APBD-P. Kata Saswadi, dana reses tidak ada perubahan. Jadwal reses juga tidak berubah. “ Itu tidak ada penambahan, resesnya tetap,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Panja tata tertib (Tatib) pemilihan wakil bupati, Mariadi, menerangkan, tim saat ini tengah berada di Jakarta mengkonsultasikan Tatib di Kemendagri. Kemendagri masih mengoreksi terkait dua pasal yang krusial yaitu mundurnya anggota dewan yang mencalonkan diri. Selanjutnya, pasal 176 terkait calon  yang diajukan Parpol pengusung. Menurut Kemendagri, yang harus diajukan hanya 2 calon. “ Nanti kita sampaikan hasil konsultasi ini,” ungkapnya.

Nanti tim Panja akan menyosialisasikan hasil konsultasi ini ke anggota DPRD, pengurus Parpol dan para bakal calon untuk dimaklumi bersama. “ Nanti kita akan sosialisasikan secara detail,” pungkasnya.(flo)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid