Aparat Siapkan Manajemen Komprehensif Saat WorldSBK

Irjen Pol Mohammad Iqbal (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Berbagai persiapan menyambut event World Superbike (WorldSBK) yang akan berlangsung November mendatang masih terus dilakukan. Mulai dari taget vaksinasi, sarana dan prasarana di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, hingga kesiapan keamanan saat berlangsungnya event tersebut nantinya.

Petugas keamanan sendiri sudah memetakan pola pengamanan dalam event tersebut. Termasuk dipastikan juga berbagai persoalan akan dupayakan bisa diselesaikan sebelum superbike ini berlangsug. Agar kedepan event bergengsi ini bisa berjalan dengan aman dan lancar sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal menegaskan, pihaknya sudah merancang pola pengamanan dengan melakukan diskusi yakni Focus Group Discussion (FGD) bersama berbagai pihak untuk membicarakan pola pengamanan itu. Hal itu juga dilakukan untuk menyempurnakan manajemen pengamanan saat event berlangsung nantinya. “Untuk superbike kami sudah mempersiapkan manajemen pengamanan yang komprehensif. Seminggu ini, seluruh stakeholder kita sudah duduk bareng dalam FGD untuk mengumpulkan data kualitatif dari semua stakeholder. Tugas pokok dan fungsi dikumpulkan untuk menyempurnakan manajemen pengamanan,” ungkap Mohammad Iqbal saat meninjau vaksinasi di SMKN 1 Praya Tengah, Jumat (1/10).

Baca Juga :  Logistik Tiba, WorldSBK Siap Digelar

Dengan upaya yang dilakukan itu, maka pihaknya memastikan keamanan akan berjalan dengan baik saat event berlangsung. Sehingga pihaknya menginginkan agar para sponsor penyelenggara agar tinggal fokus dalam melakukan penyelenggaraan event tersebut. “Kepada masyarakat juga agar welcome, karena kami menjamin keamanan dari TNI-Polri sangat komprehensif dalam melakukan pengamanan. Satu hal lagi karena ini era pandemi Covid-19. Maka kami akan menguatkan laju percepatan vaksinasi dan saat ini sudah kita buktikan, termasuk bagaimana penerapan protokol kesehatan (prokes),” tambahnya.

Lebih jauh disampaikan dengan pola pengamanan yang baik dan laju percepatan vaksinasi hebat bisa mencapai 70 persen seperti yang ditargetkan. Maka pihaknya memastikan semua bisa berjalan dengan aman dan lancar. Di satu sisi, pihaknya juga saat ini masih terus menjalin komunikasi dengan masyarakat yang saat ini masih mengklaim tanah di KEK Mandalika. “Untuk Polres khusus di KEK Mandalika insyaallah kita akan paparkan di Mabes Polri. Terkait lahan kita lagi berproses untuk melakukan komunikasi dengan baik dan humanis kepada seluruh masyarakat yang ada,” tambahnya.

Baca Juga :  Jangan Khawatir Kehabisan, Stok Tiket Nonton MotoGP Masih Banyak

Kabid Humas Polda NTB, Kombespol Artanto menimpali, diharapkan sebelum superbike semua permasalahan lahan di KEK Mandalika bisa selesai. Terkait dengan adanya pemblokiran jalan bypass baginya hal ini di luar dari lokasi jalur sirkuit tempat berlangsungnya event. Namun saat ini pihaknya terus berupaya melakukan komunikasi dengan masyarakat untuk mencari jalan keluar penyelesaian permasalahan itu. “Jadi semua permasalahan di dalam sirkuit diselesaikan oleh tim percepatan penyelesaian tanah di dalam lingkaran sirkuit. Kalau ada yang lain seperti di bypass akan diatensi oleh polres dan kalau ada permasalahan maka pihak kepolisian langsung turun ke lapangan untuk menyelesaikan persoalan itu,” terangnya. (met)