Animo Warga KLU Tinggi, Stok Vaksin Nihil

VAKSINASI: Vaksinasi covid-19 dilakukan oleh petugas medis Puskesmas Santong, Kecamatan Kayangan, KLU, baru-baru ini.(IST/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Program vaksinasi dinilai sangat penting. Pasalnya penyebaran covid-19 belakangan ini makin menggila. Sejumlah kabupaten/kota di NTB bahkan sudah menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) imbangan untuk merespons PPKM darurat di Kota Mataram. Tetapi sayangnya, saat animo masyarakat tinggi mencari vaksin, stok vaksin malah kosong, termasuk di KLU.

Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) KLU dr. Lalu Bahrudin mengatakan, saat ini stok vaksin di Dikes KLU masih kosong. Sementara animo masyarakat KLU untuk mengikuti vaksinasi
\ sangat tinggi. Terbukti dari daftar antrean warga setiap harinya di setiap Puskesmas berkisar di angka 400 sampai 500 orang. “Stok vaksin di Dikes KLU saat ini sedang kosong. Padahal animo warga untuk ikut vaksinasi sangat tinggi,” Katanya, Minggu (18/7).

BACA JUGA :  Najmul Sebaiknya Fokus di KLU

Adapun untuk warga yang sudah menjalankan vaksinasi, sampai saat ini pihaknya mencatat ada sekitar 40.000-an warga. Jumlah tersebut sudah termasuk di program vaksin dosis tahap I dan tahap II. Namun jumlah ini dinilai masih jauh dari target, jika dilihat dari jumlah penduduk di KLU yang
lebih dari 250 ribuan. Adapun yang diantisipasi saat ini adalah covid-19 varian delta,
karena sangat ganas penyebarannya. Terbukti di sejumlah kabupaten/kota di NTB sudah mulai
terpapar. Bahkan kasus penyebarannya setiap hari terus mengalami peningkatan. Beruntung di KLU belum ada yang mengarah ke varian delta tersebut. Ditegaskannya, walaupun vaksin tidak menjamin untuk tidak terpapar covid-19, tetapi vaksin sangat penting untuk menjaga imun warga. Apalagi penyebaran virus varian baru ini disebut-sebut bisa menular lewat kontak mata. “Yang jelas vaksin ini penting untuk imun kita,” tegasnya.

BACA JUGA :  Oknum PNS Disbudpar Resmi Ditahan

Pihaknya berharap agar pemerintah segera menyalurkan kebutuhan vaksin di setiap daerah. Terutama di wilayah KLU yang animo warganya sudah tinggi, dan kasus covid varian baru belum terdeteksi. “Semoga stok vaksin segera disalurkan. Karena ini penting untuk kita semua,” pungkasnya. (rie)