Angkasa Pura Perjuangkan Rute Lombok-Jeddah

Untuk Layani Jamaah Umroh

Angkasa Pura Perjuangkan Rute Lombok-Jeddah
RUTE : Para penumpang saat turun dari pesawat di Bandara Internasional Lombok (BIL) beberapa waktu lalu. Pihak PT Angkasa Pura mengaku tengah mengupayakan terwujudnya rute penerbangan internasional Lombok-Jeddah untuk menampung tingginya minat umrah warga NTB. (Dok/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Salah satu persoalan memajukan daerah yaitu masih minimnya rute penerbangan internasional (direct fligh) dari dan ke Lombok. Padahal, potensi pasar cukup besar, terutama ke negara Timur Tengah seperti Arab Saudi. 

Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok (BIL) mengaku siap melayani penerbangan untuk mengangkut jemaah umrah dari dan menuju Jeddah. “Saat ini kita sedang berusaha meyakinkan pihak airline agar bisa membuka penerbangan langsung untuk jemaah umrah terbang dari Lombok langsung ke Arab Saudi,” kata General Manager (GM) BIL I Gusti Ngurah Ardita di Mataram, Rabu (26/12).

Dikatakan, secara potensi jemaah umrah dari NTB, khususnya Lombok sangat luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari antusiasme masyarakat NTB yang melakukan perjalanan umrah ke Tanah Suci setiap tahun menunjukkan adanya peningkatan. “ Kalau kita bisa buka dari sini secara langsung, maka secara harga bisa jauh lebih kompetitif,” ujarnya.

Meski begitu, Ardita belum bisa menyebutkan maskapai yang sedang dinego untuk melayani rute tersebut. “Kita juga sedang mengajak serta meyakinkan travel agent agar bisa mendatangkan maskapai melakukan penerbangan umrah dari Lombok, tidak lagi melalui Jakarta,” ucap Ardita.  

Menurut Ardita, secara infrastruktur baik dari segi sarana dan prasarana serta fasilitas, BIL sudah memenuhi syarat untuk dipakai penerbangan bagi penumpang dalam jumlah besar maupun pendaratan pesawat berbadan lebar. 

BACA JUGA: Rute Penerbangan Australia dan China segera Dibuka

BIL sendiri lanjutnya, sudah ditetapkan sebagai embarkasi haji. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan. “ Kita sudah membuktikan penerbangan haji dengan menggunakan pesawat berbadan lebar, Boeing 747 langsung Lombok-Jeddah bisa kita gunakan,” katanya. 

Saat ini pembangunan untuk 8 parking stand di BIL sudah berhasil dirampungkan. Sehingga, kapasitas apron sudah bisa digunakan untuk menampung 18 pesawat baik yang berbadan lebar maupun kecil.

“ Saat ini kita juga sudah menambah kapasitas terminal penumpang, dengan mengaktifkan lantai tiga sebagai ruang tunggu penumpang,” katanya.(zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut