Angka Pengangguran Terbuka Masih Tinggi

PENGANGGURAN : Warga yang memadati arena Job Fair di Mataram Mall, Minggu (12/3) lalu.Angka pengangguran terbuka di Mataram masih tinggi (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Kalangan DPRD Kota Mataram mempertanyakan program pengentasan kemiskinan Pemerintah Kota Mataram. Hingga saat ini angka pengangguran masih tinggi.

Anggota Fraksi Partai Gerindra, Herman, misalnya, mengaku prihatin dengan kondisi makro ekonomi Kota Mataram. Investasi yang meningkat seharusnya bisa membuka banyak lapangan pekerjaan. “Jangan sampai adanya atau berdirinya pusat perbelanjaan,hotel ataupun bidang usaha lain tidak merekrut angkatan kerja Kota Mataram,” katanya kemarin.

[postingan number=3 tag=””mataram”]

Selain itu ia minta SKPD terkait mampu melaksanakan terobosan-terobosan yang jelas untuk menekan angka pengangguran secara khusus, dan mengentaskan kemiskinan secara umum. Selanjutnya Pemerintah Kota Mataram juga harus mendorong masyarakat untuk berwirausaha agar tercipta pelaku usaha yang handal. Dengan begitu masyarakat tidak terlalu bergantung pada kerja-kerja di kantor atau perusahaan. “ Kita minta ada terobosan baru pemerintah daerah pada periode kedua ini,” singkatnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2016, tingkat pengangguran terbuka (TPT) Kota Mataram 3,52 persen. Anggota Fraksi Demokrat H. Ehlas juga menyayangkan belum ada langkah kongkrit Pemerintah Kota Mataram dalam menuntaskan pengangguran terbuka. Berbanding terbalik dengan jumlah investasi yang masuk di Kota Mataram. “ Dari tenaga kerja saja banyak yang dari luar. Sementara masih banyak sarjana kita yang nganggur,” katanya.

Hal ini harus menjadi perhatian penuh pemerintah serta komitmennya mengentaskan penggangguran yang selama ini menjadi pemicu kemiskinan.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid