Angin Puting Beliung Sapu Puluhan Rumah Warga di Alas Sumbawa

ANGIN ALAS
RUSAK : Puluhan rumah warga dan fasilitas umum di dua kecamatan di kabupaten Sumbawa disapu angin puting beliung.

SUMBAWA – Bencana angin puting beliung sapu atap rumah warga di dua kecamatan di Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB sekitar pukul 15:50 Wita, Senin (9/11). 

Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB, Ibrahim Kurniawan menjelaskan, kronologis kejadian bencana angin puting beliung yang menyambar rumah warga di dua kecamatan berdasarkan laporan yang disampaikan BPBD Sumbawa.

“Ya benar, akibat hujan deras dan angin Kencang yang menghantam wilayah Kecamatan Alas Barat dan Kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa,” katanya. 

Akibat kejadian tersebut, sambungnya, untuk di kecamatan Alas Barat seperti di Desa Lekong terdapat 12 rumah yang rusak, 1 SMA 1 Alas Barat,  Desa Usar Mapin terdapat 23 rumah yang rusak, Desa Lab. Mapin 30 rumah rusak, Desa Gontar 17 rumah rusak dan Desa Gantar Baru 15 rumah rusak, masjid dan Mussola. Semenatara di kecamatan Alas, mengakibatkan kantor Desa Marente roboh bagian depannya (gewel dan atap jatuh).

“Nanti malam akan dirapatkan utk mencari alternatif kantor desa sementara,” katanya. 

Di Kecamatan Alas terdapat tiga orang korban yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Karena mengelami luka yang cukup parah.

Korban luka 3 orang, termasuk dua orang anak usia 8 thn cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. Musibah ini terjadi ketika sedang berlangsung pembagian BST dari Kantor Pos di Kantor Desa Marente. Korban luka 3 orang, termasuk 2 orang anak usia 8 tahun cukup parah dan telah dirujuk ke RSUD Sumbawa. 

Hingga saat ini, tindakan BPBD Kab. Sumbawa telah melakukan monitoring melalui media sosial untuk memantau perkembangan saat ini, dengan menyiagakan personil untuk mengantisipasi kejadian-kejadian lain yang sewaktu-waktu akan terjadi. Dan mempersipakan logistik untuk didistribusikan ke korban bencana. (sal)