Anggota Dewan Lotim Ditantang Tes Urine

AKP. I Gusti Ngurah Bagus Suputra (Dok/Radar Lombok)

SELONG – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Lombok Timur menantang anggota DPRD Lombok Timur untuk melakukan tes urine.

Tahun lalu BNN melayangkan  permintaan tes urine baik secara lisan maupun tertulis, namun permintaan itu tidak ditanggapi oleh kalangan dewan.”Sejauh ini kita tidak pernah melalukan tes urine terhadap anggota dewan. Di tahun 2021 lalu kita memang pernah ajukan permintaan tes urine, tapi tidak ada respon,” kata ketua BNNK Lombok Timur AKP. I Gusti Ngurah Bagus Suputra kemarin.

Soal direspon atau tidak bagi BNN tidak ada masalah. Tes urine ini merupakan salah satu program BNN dalam upaya memastikan bahwa pejabat publik bebas dari praktek penyalahgunaan barang terlarang.”Selain tes urine, tugas lainnya di BNNK adalah edukasi dan sosialisasi berkaitan dengan bahaya menggunakan narkotika,” ungkapnya.

Baca Juga :  Mamben Daya akan Jadi Desa Kerukunan

Tidak hanya dewan, permintaan tes urine sebelumnya juga telah disampaikan ke beberapa intansi terkait lainnya yang ada di Lombok Timur. Bahkan ada juga instansi yang meminta BNN melakukan tes urine terhadap pegawainya. “ Di tahun ini kita melakukan tes urine terhadap pegawai kejaksaan,” tutup Gusti.

Terpisah, Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan, menyatakan tes urine terhadap tidak ada masalah. Hal tersebut terangnya, sebagai bentuk komitmen DPRD Lotim mendukung program pemerintah maupun aparat penegak hukum dalam upaya perang melawan narkoba.” Berkaitan dengan tes urine ini kita terlebih dahulu harus sampaikan ke pimpinan dan anggota yang lain,” jawabnya.

Baca Juga :  Vaksinasi Capai 70 Persen, Lotim Kembali ke Level 1

Ketika ditanya soal surat BNNK Lotim tahun 2021, Murnan mengaku belum mengetahuinya.” Seingat saya belum pernah ada surat sebelumnya meminta untuk dilakukan tes urine,” ungkapnya.

Jawaban yang sama juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Lotim, H. Daeng Paelori. Dia setuju dan mendukung semua anggota termasuk pimpinan DPRD menjalani tes urine. “Kita siap,” jawabnya singkat.(lie)

Komentar Anda