AMMAN Salurkan 100 Oksigen Konsentrator untuk Penanganan COVID-19 di NTB

Bantuan tahap pertama secara simbolis diserahkan kepada Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M oleh perwakilan AMMAN, antara lain Head of External Relations Susanto Lim serta Manager External Relations Ahmad Salim pada Jumat 10 September 2021 di Kantor Bupati KSB. (FOTO AMMAN)

TALIWANG–AMMAN memberikan bantuan berupa 100 oksigen konsentrator untuk membantu upaya penanganan COVID-19 di beberapa wilayah kabupaten provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Oksigen konsentrator ini rencananya akan disalurkan ke sejumlah kabupaten, antara lain Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, dan Bima dalam dua tahap.

Bantuan tahap pertama secara simbolis diserahkan kepada Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M oleh perwakilan AMMAN, antara lain Head of External Relations Susanto Lim serta Manager External Relations Ahmad Salim pada Jumat 10 September 2021 di Kantor Bupati KSB.

Oksigen konsentrator merupakan alat portabel yang dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik, untuk menghasilkan oksigen murni terkonsentrasi dari udara bebas. AMMAN menyumbangkan mesin portabel dengan kapasitas 5L, yang mampu menghasilkan oksigen dengan konsentrasi 93%. Head of External Relations AMMAN, Susanto Lim mengatakan bahwa oksigen konsentrator ini bisa membantu menjawab kebutuhan oksigen yang sangat tinggi akibat pandemi COVID-19.

“Sebagai pihak swasta yang beroperasi di wilayah Provinsi NTB, kami terus berupaya untuk berkolaborasi dengan Pemerintah untuk menangani pandemi COVID-19. Apalagi dengan masih tingginya angka positif COVID-19 di Indonesia dan dominasi varian Delta yang lebih berbahaya dan mudah menular. Hal ini merupakan wujud komitmen kami, agar kita bisa melalui masa sulit ini bersama-sama,” jelas Susanto dalam keterangan tertulis.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M mengapresiasi bantuan oksigen konsentrator yang diberikan oleh AMMAN. “Oksigen konsentrator ini tentunya dapat sangat membantu ketersediaan oksigen bagi pasien COVID-19 di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat. Kami akan menyalurkan bantuan ini kepada Rumah Sakit atau Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di KSB. Karenanya, kami mengucapkan terima kasih kepada AMMAN yang memiliki inisiatif untuk membantu pemerintah dalam menangani COVID-19,” ujar Musyafirin.

AMMAN sebelumnya turut terlibat dengan berpartisipasi dalam program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gotong Royong yang telah diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi NTB. Sebanyak 6000 paket yang berisi produk lokal dari UMKM di NTB didonasikan kepada masyarakat yang terdampak akibat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Upaya ini juga sekaligus membantu menggerakkan usaha kecil dan menengah yang kesulitan akibat pandemi COVID-19.

Tidak hanya itu, AMMAN juga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi NTB guna menyelenggarakan vaksinasi terhadap seluruh karyawan dan keluarga yang berlokasi di site Batu Hijau dan wilayah lain di NTB. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung target percepatan program vaksinasi nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah. (RL)