AMMAN Berikan Beasiswa Rp 850 Juta untuk 200 Mahasiswa Universitas Cordova

BEASISWA: Manager Community Development AMMAN, Dimas Purnama, menyerahkan bantuan pendidikan senilai Rp 850 juta kepada Rektor Universitas Cordova, Dr. KH. L. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M.

SUMBAWA BARAT–PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMMAN) memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp 850.000.000 kepada Universitas Cordova, Kabupaten Sumbawa Barat.

Pemberian bantuan dilakukan secara simbolis oleh Manager Community Development AMMAN, Dimas Purnama, kepada Rektor Universitas Cordova, Dr. KH. L. Zulkifli Muhadli, S.H., M.M.

Acara ini turut disaksikan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M, dalam acara Dies Natalis & Wisuda VIII Universitas Cordova baru-baru ini.

Bantuan tersebut akan dikonversikan menjadi beasiswa kepada sekitar 200 mahasiswa Universitas Cordova, yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di wilayah KSB yang sedang menjalani studi untuk mendapatkan gelar sarjana.

Head of Social Impact AMMAN, Priyo Pramono, mengatakan bahwa bantuan ini diharapkan untuk turut mengembangkan kapasitas para ASN yang berperan sangat penting dalam melayani masyarakat KSB.

“Sebagai perusahaan dengan wilayah operasional di Kabupaten Sumbawa Barat, kami terus bersinergi untuk menciptakan dampak sosial yang berkelanjutan,” kata Priyo, dalam keterangan pers yang diterima Radar Lombok, Jumat (11/2).

Baca Juga :  Kolaborasi dengan Masyarakat Desa Tongo, AMMAN Inisiasi Penanaman Pohon Aren

Menurutnya, pendidikan merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan daya saing wilayah.

“Kontribusi AMMAN ini merupakan bagian dari semangat kerja sama antara pihak swasta dan pemerintah, karena Pemerintah KSB juga terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan,” jelas Priyo.

Sementara itu, Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M. yang turut hadir dalam Dies Natalis menyampaikan apresiasinya kepada AMMAN yang turut mendukung upaya Pemerintah KSB dalam memajukan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Saat ini kita dihadapkan pada era globalisasi serta industri 4.0. yang mendorong bebasnya aliran tenaga kerja serta persaingan yang ketat di dunia kerja. Sehingga mutlak diperlukan adanya kualitas sumber daya manusia yang unggul dalam menghadapi hal ini,” ucap Musyafirin.

Karena itu sambungnya, dibutuhkan kerjasama antar pemerintah, universitas dan pihak swasta.

“Pemberian beasiswa yang dilakukan oleh AMMAN serta difasilitasi oleh Pemerintah Daerah KSB ini merupakan upaya kolaboratif yang sangat baik. Sehingga nantinya diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, siap kerja dan kompeten dalam menghadapi perubahan jaman,” kata Musyafirin.

Baca Juga :  Vaksinasi Capai Target 99 Persen, AMMAN Hapus Kewajiban Karantina

Mengacu kepada data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik, Kabupaten Sumbawa Barat berada pada kategori tinggi, di mana selama lima tahun terakhir meningkat menjadi 71,5 poin dari sebelumnya 69,13 poin.

Bantuan pendidikan ini menjadi salah satu cara untuk membantu KSB semakin meningkatkan IPM.

Selain pemberian beasiswa, dalam beberapa tahun terakhir ini AMMAN juga mengadakan berbagai program pendidikan dalam bentuk beasiswa vokasi, dengan bermitra bersama berbagai institusi pelatihan, dalam membantu pemerintah guna menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Berbagai program tersebut antara lain program beasiswa pelatihan bahasa pemrograman komputer (coding), beasiswa pelatihan perhotelan (hospitality), program beasiswa pelatihan dasar teknik alat berat dan operator, serta program pelatihan terhadap pengusaha UMKM.

Program-program pengembangan dalam aspek edukasi ini masih terus berjalan dan akan terus dikembangkan melalui koordinasi erat dengan pemerintah KSB. (RL)

Komentar Anda