Amin Dinilai Layak Lanjutkan Ikhtiar TGB

Suhaili Amin
Pasangan Suhaili-Amin ketika menggelar dialog dengan masyarakat

MATARAM – Wakil Gubernur Nonaktif NTB Muhammad Amin terbilang cukup sukses mendampingi Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi dalam memajukan NTB di berbagai bidang.

Dengan berbagai prestasi dan penghargaan diterima Pemprov NTB di bawah duet kepemimpinan TGB-Amin. Karenanya, Muhammad Amin dinilai sangat layak untuk melanjutkan pembangunan di NTB sudah dilakoni bersama TGB.

Muhammad Amin menyampaikan, pembangunan selama ini dijalankan transparan, konsisten dan fokus, mengukuhkan NTB sebagai salah satu daerah di Indonesia yang dinilai paling menarik untuk investasi. Kebijakan pembangunan untuk pemenuhan infrsatruktur pendukung yang memadai, penguatan SDM dan berbagai inovasi serta insentif yang dijalankan pemerintahan, melahirkan  prestasi yang sangat banyak.  ”Peringkat daya saing NTB juga mengalami lompatan yang luar biasa jauh,” kata Amin.

Bagi Amin, lompatan besar ini menggambarkan NTB kini sudah jauh berubah dari predikat ketertinggalannya. Pada 2015, NTB pernah mencatat rekor sebagai daerah dengan laju pertumbuhan ekonomi terbaik mencapai 9,9 persen, jauh melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang hanya sebesar 4,9 persen. ”Pertumbuhan ekonomi NTB juga mampu konsisten berada di atas rata-rata nasional,” papar Amin.

Dengan pertumbuhan ekonomi NTB konsisten di atas rata-rata nasional sudah memberikan kontribusi terhadap meningkatnya kemampuan pelaku ekonomi untuk menyerap tenaga kerja. Sehingga berkontribusi penting dalam penurunan tingkat pengangguran dan angka kemiskinan. Tingkat pengangguran terbuka di NTB saat ini berhasil ditekan terus tiap tahunnya.

Kemajuan itu kemudian berperan penting meningkatkan IPM-NTB dari 64,31 poin tahun 2014 menjadi 65,19 poin tahun 2015, atau meningkat 1,36 persen. Kemudian 2016 meningkat lagi menjadi 65,81 poin . Sementara IPM nasional tumbuh sebesar 0,91 persen. ”Hal ini membuat kita menjadi provinsi top mover dalam pencapaian IPM,” tegas ketua DPW Partai Nasdem NTB itu.

Pemerintahan TGB-Amin, juga berhasil memperbaiki dan meningkatkan tata kelola pemerintahan menuju pemerintahan yang lebih transparan, efektif dan akuntabel. Keberhasilan meraih predikat WTP terus menerus berturut-turut dalam pengelolaan keuangan daerah, merupakan bukti membaiknya sistem tata kelola pemerintahan NTB. Menurut Amin, aneka capaian itu menjadi hadiah yang diberikannya bersama TGB pada rakyat NTB.

Kini, ia yang maju kembali dengan digandeng HM Suhaili FT mulai menuai berkah atas kerja nyata yang dilaksanakan. Setiap kali berkampanye di berbagai daerah, pasangan Suhaili-Amin selalu mendapat respon positif. ”Alhamdulillah, orang mengakui kinerja Pak Amin,” puji Suhaili terpisah. (tim)