Alwan Sudah Siap Jadi Sekda

SIAP DILANTIK : Calon Sekda Kota Mataram terpilih, Lalu Alwan Basri (atas) siap dilantik menjadi Sekda Kota Mataram setelah lolos dari dua pesaingnya. (SUDIRMAN/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Lalu Alwan Basri sudah sangat siap menduduki jabatan sekda. Kabar dirinya terpilih menjadi sekda baru berhembus di publik terkait dengan terpentalnya dua kandidat yang lolos dari pansel. Dua nama tersingkir yakni, Asisten I Lalu Martawang dan Kepala PUPR Miftahurrahman.

Alwan menyampaikan, dirinya sangat siap menjalankan tugas apapun yang diperintahkan Wali Kota Mataram. Dari awal mengikuti pansel sekda, iasudah mematangkan kesiapan. Kabar pelantikan juga dalam waktu dekat ini, rekomendasi dari KASN sudah diturunkan ke tangan Wali Kota Mataram ‘’Kita tunggu saja, karena ini  sepenuhnya merupakan  hak dari Pak Wali Kota Mataram,’’ katanya kepada Radar Lombok, Jumat (9/6).

Di sisi lain, Martawang dipastikan tidak bisa mengikuti pelantikan sekda karena menunaikan ibadah haji dan berangkat hari ini. Sedangkan Mifthaurrahman hanya bisa gigit jari setelah tidak terpilih menjadi sekda. Ketiga kandidat sebelumnya sudah dipanggil secara khusus oleh Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana, Rabu (7/6) lalu. Mohan meminta dua jajaran pejabat esleon II yang tidak terpilih mendukung program kerja dari Lalu Alwan bAsri yang bakal ditetapkan menjadi sekda.

Baca Juga :  Pemkot Gratiskan Gelaran Seni Budaya di Teras Udayana

Alwan tampak sumringah mendengarkan kabar dirinya yang terpilih menjadi sekda. Dari segi karir juga Alwan sudah sangat moncer selama ini, sudah menduduki banyak posisi esleon II. Komunikasi juga intens dilakukan. Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana cukup bijak serta melakukan penilaian dan evaluasi dan memantau secara langsung dari sejak pansel juga sudah tidak ada faksi-faksi. ‘’Kita buktikan saat ini,’’ singkatnya.

Sementara itu, pimpinan fraksi di DPRD Kota Mataram  juga menyambut baik keputusan Wali Kota Mataram mempercepat untuk pengisian jabatan sekda yang sudah dua bulan kosong. Ketua Fraksi Amanah Bangsa Ahmad Azhari Gufron mengatakan, kekosongan jabatan sekda salah satu pucuk pimpinan di kalangan ASN, yang dibutuhkan lebih cepat terisi. ‘’Karena ini penentu anggaran serta program yang akan disusun di Kota Mataram kedepanya,’’ katanya.

Baca Juga :  RSUD Kota Mataram Kembali Aktifkan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

Ditetapkan sekda, salah satu bentuk keseriusan Wali Kota Mataram dalam melakukan penataan birokrasi di Kota Mataram, serta evaluasi yang sudah dilakukan. Seleksi juga berlangsung terbuka dan bisa dilihat oleh publik dalam seleksi pejabat eselon II. ‘’Kita harapkan setelah ditetapkan ada program kerja yang lebih cepat dalam penataan birokrasi maupun program,’’ singkatnya.

Anggota Fraksi Demokrat DPRD Kota Mataram, HM Zaini mengatakan, penempatan pejabat eselon II di Kota Mataram sudah sangat baik selama ini. Kekosongan dib eberapa OPD juga bisa terisi lebih cepat, setelah ada sekda definitif. Karena ini bagian dari kinerja Baperjakat untuk melakukan pemetaan jabatan kosong. ‘’Kita harapkan lebih cepat dilantik,’’ harapnya. (dir)

Komentar Anda