Alves Lakon Sesungguhnya

Diego Alves

ATLETICO Madrid menang 2-0 (0-0) atas Valencia dalam lanjutan LaLiga Santander di Stadion Mestalla, Spanyol kemarin pagi WIB. Dengan de­mikian Rojiblancos menjaga tren positif.

Dua gol kemenangan Atletico pada laga ini dicetak oleh Antoine Griezmann menit 63 dan Kevin Gameiro 90. Namun, lakon utama dari laga ini adalah Diego Alves.

Kiper Valencia asal Brazil itu sukses menggagalkan dua penalti tim tamu. Pada menit ke-44, dia menggagalkan penalti Griezmann. Pada menit ke-69, giliran tembakan Gabi diantisi­pasinya dengan baik.

Dua keberhasilan menggagal­kan eksekusi penalti di pertand­ingan ini semakin mengukuhkan status Alves sebagai penggagal tendangan penalti terbaik di La Liga Santander.

Pekan lalu Alves mencatat­kan rekor sebagai kiper paling banyak menggagalkan penalti sepanjang sejarah La Liga, tepatnya saat Valencia menang 2-1 atas Leganes.

Dengan catatan 17 kali meng­gagalkan penalti, Alves melewati rekor yang sebelumnya dipegang Andoni Zubizarreta dengan 16 kali menggagalkan penalti. Kini, catatan rekor Alves bertambah menjadi 19 kali menggagalkan tendangan penalti.

Khusus Griezmann, kegagalan eksekusi penalti ini merupakan yang kedua kalinya pada satu pekan terakhir. Sebelumnya, dia sempat gagal pada laga Liga Champions kontra Bayern Muenchen.

Rabu (28/9/2016) lalu, ten­dangan pemain tim nasional Perancis itu juga mengenai mis­tar gawang Manuel Neuer. Laga tersebut dimenangi Atletico dengan skor 1-0.

Terlepas dari dua kegagalan penalti, Atletico menjaga tren positif tak pernah kalah. Kecuali hasil imbang kontra Barcelona, Atletico bisa memenangi lima laga dari enam pertandingan terakhirnya.

Pasukan Diego Simeone itu untuk sementara memimpin klasemen dengan koleksi 15 poin dari tujuh laga. Namun, mereka masih mungkin disalip Real Madrid peraih poin 14 dan Barcelona (13) yang tadi malam.

Laga ini juga menjadi kali terakhir Voro Gonzalez men­dampingi Valencia dari tepi lapangan. Posisi dia sudah pasti digantikan oleh mantan pelatih tim nasional Italia, Cesare Prandelli.

Setelah memecat Pako Ayestaran, Valencia kini res­mi menunjuk Prandelli sebagai pelatih baru. Prandelli menyepak­ati kontrak selama dua tahun.

Italiano berusia 59 tahun itu tiba di Valencia pada Sabtu pagi (1/10) waktu setempat dan menyaksikan pertandingan tim barunya melawan Atletico Madrid. Prandelli dijadwalkan akan berjumpa media pada Senin sebelum menjalani sesi latihan pertamanya bersama Nani dan kawan-kawan.

"Klub sepakbola Valencia ingin mengumumkan kepada fans bahwa kami telah menca­pai sebuah kesepakatan dengan Cesare Prandelli, bahwa dia telah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru hingga 30 Juni 2018," bunyi keterangan res­mi Los Che, yang diwartakan Football Italia.

"Prandeli, 59 tahun, menan­datangi kontraknya pada hari ini bersama dengan direktur utama LayHoon Chan, dan akan hadir di ruangan presidensial di Mestalla untuk pertandingan besok antara Valencia melawan Atletico Madrid."

"Si pelatih baru akan diperke­nalkan kepada media pada Senin siang pukul 12 di Mestalla," lan­jut sumber Sang Kelelawar.

Valencia menjadi klub per­tama Prandelli sejak mening­galkan Galatasaray pada 2014. Sebelumnya, Prandelli pernah membesut AS Roma, Fiorentina, dan timnas Italia. (rm)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid