Ali-Sakti Janjikan Dua Hal Ini Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Nelayan NTB

Ali Sakti
BERSAMA NELAYAN: Cagub Ali BD bersalam-salaman dengan para nelayan di Dusun Serumbung Desa Lembar Selatan, kemarin (4/4). (ZULFAHMY/RADAR LOMBOK)

GIRI MENANG – Calon Gubernur NTB dari jalur Independen HM Ali Bin Dahlan (Ali BD) melakukan kampanye dialogis dengan ratusan nelayan yang ada Desa Lembar Selatan. Kampanye dilaksanakan di Dusun Serumbung Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar Lombok Barat,  Rabu malam (4/4).

Dalam orasinnya cagub yang dikenal dengan sebutan Ali-Sakti ini menjajikan program asuransi yang menyeluruh bagi nelayan di Provinsi NTB. “Asuransi bagi para nelayan harus dijamin oleh pemerintah,” katanya.

Menurutnya, keberadaan nelayan di NTB yang kebanyakan nelayan tradisional ini hanya mengandalkan laut sebagai sumber kehidupan mereka. Oleh karena itu, keberadaan asuransi bagi para nelayana ini harus diperhatikan secara menyeluruh seperti yang sudah dilakukan bagi para nelayan di Lombok Timur yang sudah ia perhatikan selama dirinya menjadi Bupati Lombok Timur .”Di Lotim sudah ada 2 ribuan nelayan yang sudah dijamin dengan asuransi nelayan,” jelas Bupati Lotim nonaktif ini.

Maka kedepannya secara menyeluruh nanti akan ia lanjutkan program asuransi nelayan ini untuk semua nelayan yang ada di Provinsi NTB jika ditakdirkan menang dalam pemilihan nanti, caranya Pemerintah Provinsi harus menganggarkan sendiri anggaran untuk program asuransi ini. “Selama ini pemprov NTB belum memperhatikan secara utuh aspek-aspek ekonomi nelayan NTB,” jelasnya.

Pemprov NTB harus bisa memberikan alokasi khusus bagi  asuransi nelayan ini, selama ini memang asuransi ditanggung oleh pemerintah pusat. Namun, di bawah kendalinya pemprov harus berani menekan pemerintah pusat agar bisa menganggarkan senditi asuransi nelayan, karena pemerintah provinsi perpanjangan tangan dari pemerintah pusat. Tidak hanya asuransi, koperasi nelayan akan dihidupkan kembali. Alasannya karena kondisi ekonomi para nelayan itu bersifat fluktuatif, dimana nelayan sangat bergantung kepada keadaan cuaca dan musim. “Nelayan tradisional yang bergatung denga cuaca, berbeda dengan nelayan moderen,” jelasnya.

Oleh karena itu, dengan keberadaan koperasi nelayan ini akan bisa membantuk kehidupan nelayan. Caranya nanti pemerintah akan menyediakan modal bagi para nelayan melalui program koperasi nelayan. “Nelayan ini butuh perhatian dan modal dari pemerintah salah satunya melalui koperasi ini,” ujarnya.

Ketika misalnya nanti dalam kondisi cuaca  buruk nelayan tidak bisa melaut. Nelayan tidak akan mengalami kesulitan, karena untuk kebutuhan  mereka selama tidak bisa melaut mereka bisa memenuhi kebutuhan mereka dengan mengambil atau meminjam dulu di koperasi. “Selama  nelayan tidak bisa melaut kebutuhan mereka bisa dipenuhi dari koperasi, ini tujuannya,” tegasnya.

Ia mengakui, program koperasi nelayan ini sudah pernah ia laksanakan bagi para nelayan yang ada di Maluk Sumbawa dan Mataram sekitar 30 tahun lalu saat dirinya masih menjalan bisnisnya. “Dulu tahun 1974 sudah pernah saya lakukan, 30 tahun lalu saya suda bekerja di sektor nelayan,”  ungkapnya.

Di bawah kepemimpinannya nanti, Ali BD ingin mengangkat kesejahteraan para nelayan di NTB. Saat ini, ia melihat kondisi para nelayan di NTB masih dalam kondisi miskin. Dengan segala program yang nanti ia siapkan, Ali BD ingin mengangkat ekonomi nelayan tradisional agar bisa menjadi orang kaya dengan bisa mengekspor ikan hasil tangkapan mereka. (tim)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut