Ali-Sakti Ingatkan Pentingnya Jaga Silaturahmi

Ali-Sakti Ingatkan Pentingnya Jaga Silaturahmi
SILATURRAHMI: Ali Bin Dachlan saat bersilaturahmi dengan jamaah Majelis Dzikir dan Ta’lim Nuurul Musthafa Dusun Jago Desa Jago Lombok Tengah, Selasa kemarin (13/3) (M.Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA—Calon gubernur NTB dari jalur independen H Ali Bin Dachlan yang berpasangan dengan TGH Lalu Gede Sakti Amir Murni mengaku jika suku Sasak merupakan suku yang memiliki banyak kelebihan.

Bahkan suku Sasak dianggap paling hebat di dunia. Dalam sejarah perjalanan suku Sasak, telah mampu bersatu di tengah banyaknya perbedaan di dalamnya. Dimana  suku Sasak sangat kaya akan bahasa dan adat. Namun banyaknya bahasa dan adat itu malah bukan sebagai perpecahan akan tetapi sebagai pemersatu antara yang satu dengan  lainnya. “Sejarah telah mencatat bahwa suku Sasak telah melalui berbagai perbedaan dan perpecahan tetapi bisa dipersatukan oleh kekuatan agamanya yakni agama Islam. Itu ditandai oleh kata- kata bijak Sasak yang mengatakan bahwa Lain Gubuk Lain Adat, tapi itu tidak menjadikan orang Sasak menjadi terpecah dengan berbagai persoalan,”ungkap Ali BD saat menghadiri kegiatan di majelis zikir dan ta’lim Nuurul Musthafa Dusun Jago Desa Jago Kecamatan Praya, Selasa kemarin (13/3).

Dikatakan,  meskipun berbeda tapi suku Sasak sudah mampu membuktikan sebagai  suku bangsa yang hebat. Padahalmenjadi suku bangsa itu sangat sulit karena sangat perlu adanya persatuan terutama dari segi bahasa. “Sesungguhnya untuk membentuk suatu bangsa, maka akan ada kesamaan bahasa. Tapi ini yang aneh dan ajaib bagi suku bangsa Sasak karena di tengah perbedaanya dia bisa menjadi suku bangsa dan itu secara nasional sangat diakui,”jelasnya.

Hebatnya untuk tetap solid dan tidak ada perpecahan, maka banyak suku yang lebih memilih berbahasa Indonesia karena kesulitanya berhubungan antar  kampung yang satu dengan kampung yang lain. “Dan masyarakat Sasak untuk menghindari perselisihan dari banyaknya bahasa itu maka Islam yang mempersatukan kita semua,”jelasnya.

Di depan massa ia mengaku kendati saat ini ditengah canggihnya zaman modern saat ini, namun masyarakat Sasak memiliki basis yang sudah baik untuk menyaring berbagai persoalan yang ada. Sehingga perbedaan yang ada  dijadikan menggapai masa depan yang lebih baik kedepannya.

“Bangsa suku Sasak bisa mengatasi perbedaanya. Bisa merancang menuju kemajuan. Sehingga dalam menghadapi pilkada sudah tidak terpecah biarpun pada saat ini banyak persoalan. Nakanya saya sering bilang jangan sampai menghancurkan mereka sendiri karena perbedaan,”jelasnya.

Disatu sisi jiwa silaturrahmi masyarakat Sasak harus terus menerus dipupuk. Karena silaturrahmi tidak bisa dihargakan dengan apapun. Bahkan melakukan silaturrahmi tidak membutuhkan uang yang banyak. “Kita semua adalah bersaudara dan wujud saudara adalah menghilangkan kebencian dan segala keraguan. Kita boleh berbeda tapi jangan jadikan perbedaan itu sebagai perpecahan,”jelasnya.

Untuk itu, Ali BD meminta kepada masyarakat untuk terus menjaga tali silaturrahmi dan menghilangkan kepentingan pilkada. Jangan sampai dengan adanya pilkada membuat masyarakat malah terpecah dan menjadikan suku Sasak menjadi terpecah. “Kalau pilkada silahkan diam di rumah dan pikirkan siapa yang terbaik dan jangan sampai kita menjadi orang bodoh,”jelasnya.

Pimpinan Majelis Dzikir dan Ta’lim Nuurul Musthafa Dusun Jago Desa Jago TGH Raskanjan menilai  Ali BD  merupakan sosok yang sangat dekat dengan para ulama. Disatu sisi seorang Ali BD merupakan sosok pemimpin yang selalu dekat dengan rakyat. Hal itulah yang membuat Ali- BD sangat jauh berbeda dengan yang lainya. Sehingga diyakini jika Ali- BD memimpin NTB maka kedepan NTB bisa menjadi lebih baik lagi. “Ali BD orangnya dekat dengan ulama. Kita lihat dari dulu dan sampai  saat ini tidak ada perubahan dan mudah- mudahan sampai seterusnya  sukes menjadi gubernur. Dia sosok pemimpin yang tidak ada rasa untuk dirahasiakan dan dia terbuka. Itu yang cocok menjadi pemimpin NTB kedepan, kalau menjadii gubernur maka NTB semakin maju,”ungkap TGH Raskanjan.

Hal itu diyakininya karena memang sebelum jadi bupati Lombok Timur, Ali BD sering membantu para alim ulama. Bahkan yayasan yang berkembang saat ini berkat perjuangan dari Ali BD. “Masyarakat juga sudah tahu siapa yang akan menjadi orang nomor satu di NTB kedepanya dan kami meyakini bahwa Ali- Sakti orangnya,”jelasnya.

Selain dekat dengan ulama dan rakyat,   Ali BD juga  merupakan sosok pemimpin yang tidak sombong dan selalu mengerti dengan keinginan masyarakatnya. Bahkan   menjadi calon gubernur  pun karena memang dicalonkan oleh rakyat sehingga mengambil jalur independen. (met)