Ali BD Resmikan Puskesmas Rarang

PERESMIAN: Bupati Lotim, Ali BD didampingi oleh Kepala Dikes Lotim, Asrul Sani, dan Camat Terara, Baiq Wire Negarawati, menggunting pita sebagai tanda peresmian Puskesmas Rarang (IRWAN/RADAR LOMBOK)

SELONG–Upaya meningkatkan dan mendekatkan jangkauan pelayanan kesehatan pada masyarakat, Bupati Lombok Timur (Lotim), H. Moch Ali Bin Dachlan, Senin (20/3), meresmikan Puskesmas Rarang yang berlokasi di Desa Rarang Tengah, Kecamatan Terara.

Ali BD, sapaan akrab Bupati Lotim ini menyampaikan, tahun anggaran 2016, Pemda Lotim membangun tiga Puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dimana ketiga Puskesmas ini tersebar di beberapa kecamatan di Lotim.

“Tiga Puskesmas itu, yakni Puskesmas Karang Baru, Kecamatan Wanasaba, kemudian Puskesmas Masbagik Baru, Kecamatan Masbagik, dan Puskesmas Rarang, Kecamatan Terara,” ungkap Ali BD dalam sambutan.

Disampaikan, sejak tahun 1998, Puskesmas di Lotim hanya sebanyak 29 unit saja. Karena itu, sudah saaatnya ada penambahan Puskesmas untuk melayani masyarakat Lotim yang jumlah penduduknya semakin meningkat.

[postingan number=3 tag=”puskesmas”]

”Dengan dasar inilah, pada tahun 2016 dibangun 3 Puskesmas baru. Sementara tahun 2017 ini juga akan dibangun 2 Puskesmas baru di Kecamatan Suralaga, dan Kecamatan Pringgabaya,” jelasnya.

Namun melihat kondisi saat ini lanjutnya, pembangunan bidang kesehatan tidak hanya menjadi tugas dari Dinas Kesehatan semata, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama semua pihak. Terlebih masalah kesehatan merupakan kebutuhan penting masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan Pemda Lotim melalui Dinas Kesehatan Lotim, yakni membantu dalam hal pelayanan kesehatan di Puskesmas, Pustu dan Polindes.

Hanya saja dikatakan, pada saat ini masih banyak masyarakat yang lebih memilih fasilitas kesehatan swasta dibanding milik pemerintah, dikarenakan pelayanan yang didapatkan lebih baik. Untuk itulah, Bupati Loti mini menyerukan kepada petugas kesehatan ketika memilih profesi di bidang kesehatan, mereka itu harus memiliki pikiran kemanusiaan, dan bekerja untuk menolong sesame, bukan hanya karena faktor materi semata.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Asrul Sani, mengatakan bahwa soal pelayanan yang disampaikan oleh Bupati memang benar adanya. Sehingga dia berharap kepada semua perawat, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. ”Namannya kita berbenah. Kita akan berusaha memaksimalkan pelayanan di semua unit kesehatan,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Desa Rarang Tengah, H. Sahnun menyambut baik pembangunan Puskesmas Rarang yang dibangun diatas lahan seluas 23 are ini. Namun dia berharap kepada Pemda agar juga memberikan tambahan tanah, serta melengkapi fasilitas serta sarana dan prasarana pendukung lainnya. (cr-wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid