Ali BD Janjikan Rp 1,5 Miliar untuk Kelurahan

Ali BD (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

SELONG—Bupati Lotim, Ali BD memberikan kabar gembira bagi kelurahan. Bagaimana tidak, dia menjanjikan akan menggelontorkan anggaran bagi kelurahan sebesar Rp. 1,5 miliar setiap tahunnya. Bahkan janji itu rencananya akan mulai direalisasikan tahun 2017 mendatang.

Kebijakan Bupati ini menyikapi ketimpangan anggaran yang didapatkan desa dan kelurahan. Dimana kalau setiap tahun desa selalu mendapatkan kucuran dana miliaran rupiah dari pusat, ditambah lagi dana dari kabupaten. Sementara Kelurahan sendiri hanya mengandalkan dana yang dikucurkan dari kabupaten saja. “Saya akui terjadi ketimpangan. Mulai tahun 2017 akan saya anggarkan. Saya akan ajukan Rp 1,5 miliar,” janji Ali, Kamis (3/11).

Anggaran yang akan diberikan untuk kelurahan itu lanjutnya, sepenuhnya akan  digelontorkan dari dana APBD Lotim itu sendiri. Masalah ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, meski tanpa harus ada regulasi khusus yang dibuatkan pemerintah  pusat maupun provinsi yang mengatur hal itu. “Cukup Undang-Undang. Kan saya yang menjadi bupati. Saya boleh membantu orang miskin, masak perlu regulasi,” tegasnya.

Diakuinya, saat ini keberadaan anggaran antara desa dan kelurahan masih terjadi ketimpangan. Dengan dianggarkan Rp 1,5 miliar itu, nantinya para Lurah bisa  memanfaatkan untuk membangun di kelurahannya masing-masing. “Itu kan untuk kelurahan, jadi tidak perlu pakai regulasi,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyorot terkait adanya sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Lotim yang mencalonkan diri menjadi Kepala Desa (Kades). Fenomena ini lanjutnya dianggap cukup menarik. Namun baginya, keputusan seperti itu harus dicari tahu apa motif mereka mencalonkan diri menjadi Kades. “Mungkin mereka membayangkan anggaran Rp 1,2 miliar ke desa itu,” duganya.

Memang dana untuk desa jumlahnya miliaran, sehingga dikhawatirkan kasus korupsi nantinya justru akan beralih ke desa. Buktinya, sejauh ini telah banyak Kades yang terjerat kasus hukum karena melakukan penyimpangan dana desa. “Jangan main-main, karena banyak Kades yang masuk penjara,” pungkas Ali. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid