Alex Rins Jadi Pembalap MotoGP Pertama Mengaspal di Sirkuit Mandalika

Jagoan Suzuki Ecstar Team, Alex Rins menjadi pembalap MotoGP pertama yang mengaspal di Sirkuit Mandalika. (IST IG @alexrins)

PRAYA–Para pembalap mulai melakukan tes pramusim MotoGp 2022 di Sirkuit Mandalika, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Jumat (11/2) sekitar pukul 09.10 WITA.

Dalam tes hari pertama ini, Jagoan Suzuki Ecstar Team, Alex Rins keluar pertama kali dari paddock. Pembalap Spanyol kelahiran Barcelona, 8 Desember 1995 ini langsung tancap gas melesat melahap 17 tikungan di lintasan sepanjang 4,31 kilometer itu. Ia menjadi pembalap MotoGP pertama yang menggeber motornya di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA :  Balap F1 Diperjuangkan di Sirkuit Mandalika, Lobi ke Abu Dhabi Diagendakan

Kemunculan Rins yang diikuti 18 pembalap MotoGP lainnya di lintasan disambut riuh tepuk tangan puluhan penonton yang sebagian adalah pekerja yang sedang menyelesaikan pembangunan infrastruktur penunjang sirkuit.

Raungan mesin-mesin berkapasitas 1.000 cc itu juga memicu antusiasme masyarakat sekitar sirkuit. Mereka menyaksikan aksi para pembalap dari sisi luar lintasan.

Kemudian para petugas lintasan atau marshall, yang sebagian besar adalah warga lokal juga mulai bertugas. Mereka berbaur dengan petugas lainnya seperti tim medis dan petugas khusus kebersihan.

BACA JUGA :  Pengusaha Tiga Gili Siap Mendukung Kebutuhan Kamar MotoGP Mandalika

Selain itu tampak ambulans milik Kementerian Kesehatan ikut bersiaga tepat di antara tikungan 15 dan 16 di mana terdapat jalur khusus evakuasi. Ambulans diperlukan untuk mengevakuasi pembalap yang mengalami kecelakaan saat beraksi di lintasan. Satu tim kecil terdiri dari seorang dokter dan tiga perawat bersiaga di ambulans itu. (met)