Alasan Jokowi Tetap Prioritaskan NTB

Joko Widodo
Joko Widodo

MATARAM — Presiden Jokowi dipastikan tetap akan memberikan prioritas pembangunan di NTB, meski kembali kalah telak pada Pilpres 2019 di Bumi Gogo Rancah ini. Jaminan prioritas pembangunan itu disampaikan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Amin yang beberapa waktu lalu bertemu Jokowi.

Terkait hal itu, Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram Ihsan Hamid mengatakan, ada beberapa alasan yang membuat Presiden Jokowi tetap memprioritaskan pembangunan di NTB. Pertama, Jokowi secara politik sudah selesai. Artinya tidak ada beban apa pun ke depan, sehingga tetap harus melakukan pemerataan pembangunan di seluruh provinsi di Indonesia, termasuk NTB.

BACA JUGA: LSI Denny JA Prediksi 15 Nama Bursa Capres 2024

Kedua, tidak ada alasan Jokowi menunda proyek nasional yang sudah mulai dikerjakan di NTB, karena proyek tersebut mempertaruhkan citra dan harga diri bangsa Indonesia di mata dunia international, seperti proyek sirkuit MotoGP. Proyek ini tidak hanya untuk NTB tetapi untuk Indonesia. Sehingga wajar jika Jokowi tetap memberikan prioritas, apalagi proyek ini ditarget rampung saat Jokowi masih jadi presiden, sehingga dapat menorehkan tinta emas sebagai presiden yang berhasil dalam mengawal terwujudnya proyek prestisius ini, dan itu sangat disenangi Jokowi. “Ini menyangkut citra Presiden Jokowi itu sendiri,” jelasnya.

Ketiga, Jokowi sejak awal dikenal memiliki kedewasaan dalam berpolitik. Jarang menaruh dendam apa pun kepada lawan politik terutama di depan publik, apalagi sama rakyatnya sendiri. Sehingga mau menang atau kalah di NTB, Jokowi akan tetap memperhatikan NTB dengan ciri khas blusukannya, ditambah lagi Jokowi masih punya PR besar di NTB yang terkena gempa. Itu belum tuntas ditunaikan dan jika tidak dituntaskan, maka akan jadi kinerja buruk yang memengaruhi citra pemerintahan Jokowi. “Sehingga wajar Jokowi masih akan memberikan perhatian ke NTB,” imbuhnya.

Pengamat Politik Unram, Dr Saipul Hamdi menambahkan, pemberian perhatian dan prioritas pembangunan di NTB, misalnya Mandalika, Pelindo II Lembar dan lainnya, adalah salah satu janji kampanye Jokowi-Amin di Pilpres 2019. Kendatipun kalah telak di NTB, keduanya akan tetap berkomitmen terhadap janji kampanye. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid