Aksi Sosial Brigadir Lalu Budi Setiawan Bhabinkamtibmas Desa Sambik Elen KLU

Gandeng Dokter Desa Berikan Pengobatan ke Warga Kurang Mampu

Desa Sambik Elen KLU
KUNJUNGI WARGA : Brigadir Lalu Budi Setiawan bersama dengan dokter desa saat mengunjungi warga untuk memberikan pelayanan kesehatan. (Brigadir Lalu Budi Setiawan For Radar Lombok)

Tidak Sedikit anggota kepolisian yang memiliki jiwa sosial yang tinggi. Salah satunya Brigadir Lalu Budi Setiawan. Ia adalah Babhinkamtibmas Desa Sambik Elen Kebupaten Lombok Utara (KLU).


ALI MA’SHUM—TANJUNG


Sebelumnya, Brigadir Budi Setiawan sempat menjadi buah bibir. Lantaran aksi heroiknya jatuh ke jurang menangkap seorang buronan Polda Bali. Aksi heroik ini diganjar pengharagan dari Kapolda NTB saat itu Irjen Pol Umar Septono. Penghargaan diberikan dibawah jurang, tempat ia menangkap buronan.

Kali ini, hal berbeda dilakukannya. Melalui kegiatan sosial memberikan pengobatan kepada warga lansia yang tidak mampu. Ia tergerak melihat kondisi beberapa warganya yang kurang mampu dalam memperoleh pengobatan.

Awal tugasnya di desa Sambik Elen, Ia sering menemukan para lansia yang  kesehatannya kurang. Para lansia ini tidak mendapatkan pengobatan memadai  karena terkendala oleh biaya. Alasan lainnya, para lansia sudah merasa tua dan tidak ingin membuat keluarga menjadi sibuk mengurus. ” Mereka ini kebanyakan orang awam. Walaupun saat ini biaya kesehatan bisa gratis. Tapi mereka masih berpikir ke rumah sakit itu bayar,” ujarnya,Minggu lalu (28/1).

BACA JUGA :  Mengenal I Nyoman Elly Setiawaty, Penyelamat Anak Putus Sekolah

Melihat kondisi ini, ia berinisiatif mencari instansi terkait seperti puskesmas terdekat. Tujuannya, untuk mengajak dokter desa blusukan melihat kondisi warga. ” Jadi saya manfaatkan dan mengajak dokter desa untuk turun ke masyarakat,” Katanya.

Sebelum blusukan bersama dokter, ia terlebih dahulu melakukan survei. Ia ingin memastikan mana saja pasien yang akan dikunjungi. Setelah blusukan, ia menjadi tahu ternyata begitu banyak warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan. ” Mereka ini juga rata-rata tempat tinggalnya tidak layak,” ungkapnya.

Kedepan, kegiatan tersebut terus dilakukannya. Mengenai kendala, ia mengaku banyak dari warga yang tidak bersedia dirujuk ke puskesmas. Kegiatannya ini didukung penuh oleh keluarga. Terutama sang istri yang berprofesi sebagai petugas kesehatan. Oleh karena itu, ia tidak memikirkan biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan sosialnya ini. ” Jadi apa yang pasien rasakan sakit,istri saya tahu obat apa yang harus diberikan. Kalau dana dalam bentuk uang jarang saya memberikan. Biaya untuk mendatangkan dokter juga tidak besar,’’ terang Pria kelahiran tahun 1987 ini.

Ia berjanji kedepannya, bersama dengan dokter desa akan tetap memberikan pelayanan kesehatan. Caranya dengan mendatangi rumah warga yang memang membutuhkan. ” Kami akan teruskan program ini. Karena masih banyak warga yang membutuhkan,’’ pungkasnya.

BACA JUGA :  Awalnya Rambang, Mantap dengan Piagam Australia dan SBY

Sementara itu, dr Monika Hasan Ramadhan mengatakan mendukung penuh kegiatan yang dilakukan Brigadir Lalu Budi Setiawan ini. Ia mengakui kerja sama yang dilakukan selama ini  dengan berkunjung ke warga yang sakit. “ Ini terutama bagi warga yang sudah sulit mobilisasinya,’’ Katanya.

Kedepan, kegiatan tersebut akan terus dilakukan. Tidak hanya  dengan pihak keamanan dan kesehatan melainkan, semua pihak yang terlibat di desa. Hal ini dilakukan agar warga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. “ Kami juga sering berkoordinasi dengan aparat desa untuk melakukan kunjungan dan rapat koordinasi untuk desa. Ini akan terus kami lakukan,’’ Pungkas Monika.(*)