Aksi Sosial Brigadir Agus Salim, Bhabinkamtibmas Desa Puncak Jeringo

Aksi Sosial Brigadir Agus Salim, Bhabinkamtibmas Desa Puncak Jeringo
BERI TONGKAT : Brigadir Agus Salim saat memberikan tongkat kepada warga Desa Puncak Jeringo Kecamatan Suela Lombok Timur belum lama ini. (Brigadir Agus Salim For Radar Lombok)

Aktif dan terlibat dalam kegiatan sosial bisa dilakukan oleh siapa saja. Tak terkecuali oleh anggota kepolisian. Seperti yang dilakukan oleh Brigadir Agus Salim Bhabinkamtibmas Desa Puncak Jeringo Kecamatan Suela Lombo Timur (Lotim). Seperti apa kegiatannya?.


ALI MA’SHUM—SELONG


Sebagai anggota kepolisian, Brigadir Agus Salim tak lupa akan tugas pokoknya yaitu memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat. Sebagai bhabinkamtibmas yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dirinya bisa merasakan langsung apa yang dibutuhkan oleh warganya. Dari turun langsung ke masyarakat ini, Agus sapaan akrabnya menjadi tahu. Ternyata banyak warganya yang mengalami kesusahan karena berbagai hal. Seperti mengidap penyakit bertahun-tahun. Hal ini dikarenakan   tidak adanya biaya untuk berobat.

Menghadapi situasi ini, dirinya berinisiatif membantu meringankan beban warganya. Sebisa mungkin dirinya akan memberikan bantuan kepada warganya. ‘’ Kegiatan ini saya lakukan selama enam bulan terakhir,’’ ujarnya kemarin.

Ia tergerak, karena melihat langsung kondisi masyarakat yang sakit dan tidak mampu. Diantaranya, membantu warga binaannya yang menderita berbagai penyakit. Seperti kanker, tumor, lupus, hidrosefalus dan sebagainya. Belum lagi dengan warganya yang mengidap lumpuh. Untuk itu, dirinya memberikan bantuan seperti tongkat hingga kursi ruda kepada warganya. ‘’  Bagi yang tidak bisa berjalan, saya mengusahakan tongkat dan kursi roda,’’ kata ayan dua orang anak ini.

Kedepan, dirinya tidak ingin membantu orang di sekitar tempatnya bertugas. Dirinya mengaku ingin lebih luas lagi memberikan bantuan ini. ‘’ Insya Alloh kalau bisa nanti di seluruh Lombok Timur saya akan bagikan kursi dan tongkat bagi mereka yang membutuhkan. Saat ini masih terbatas yang bisa saya berikan. Mungkin di Desa Puncak Jeringo dulu,’’ ujar pria kelahiran Pujut Lombok Tengah ini.

Mengenai pendanaan, dirinya mengaku ada yang berasal dari pribadinya sendiri walaupun diaukuinya tidak begitu banyak. Dirinya juga bekerja sama dengan salah satu yayasan agar bantuan yang diberikan bertambah banyak. ‘’ Kadang kalau ada rezeki lebih pakai uang pribadi. Kalau untuk donatur saya posting di media sosial setiap pasien atau masyarakat yang membutuhkan bantuan. Akhirnya ada juga yang bantu-bantu sedikit,’’ ungkapnya.

Aksi sosial ini dilakukan setiap hari. Kecuali kalau sedang piket baru istrahat. ‘’ Tapi kalau lagi piket pun misalnya ada pasien yang darurat, saya akan izin untuk menolong mereka. Menolong itu tidak memandang waktu,’’ jelasnya.

Kerja kerasnya pun diakui oleh pimpinan kepolisian. Mulai Polres Lotim dan Polda NTB sudah memberikan apresiasi. Bahkan dirinya salah satu penerima penghargaan dari Baharkam Mabes Polri. ‘’ Penghargaan dari Baharkam Mabes Polri diberikan langsung oleh Kabaharkam bulan Mei lalu,’’ terangnya.

Ia berharap kedepannya akan tetap aktif dalam kegiatan sosial. Bentuknya pun bisa bermacam-macam. Ia juga mengaku akan tetap memperjuangkan hak-hak masyarakat yang tidak mampu dan yang sedang sakit. ‘’ Tapi saya ingin sekali memiliki mobil ambulance supaya bisa langsung membawa orang yang sakit untuk berobat,’’ harap Agus.(*)