Akibat Korsleting Listrik, Rumah Lalu Samak Hangus Terbakar

MENDATANGI: Petugas saat mendatangi lokasi kebakaran yang berada di Desa Batutulis Kecamatan Jonggat, Selasa malam. (Istimewa/radar Lombok)

PRAYARumah salah seorang warga asal Dusun Batutulis Desa Batutulis Kecamatan Jonggat, Lalu Samak hangus terbakar. Kebakaran yang terjadi Selasa malam (26/7) sekitar pukul 23.30 Wita ini membuat seluruh isi rumah pria yang saat ini masih menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia ini hangus terbakar dan tidak bisa diselamatkan.

Informasi yang berhasil dihimpun bahwa kejadian kebakaran ini diketahui pertama kali oleh Baiq Nurjannah, istri Lalu Samak. Saat itu, Baiq Nurjannah sedang sholat di kamar tidurnya. Seketika itu, Baiq Nurjannah merasa kaget karena melihat ke atas plafon rumah ada percikan api persis dari atas tiang standar listrik rumah yang merupakan kabel utama rumah.

Melihat adanya percikan api tersebut membuat Baiq Nurjannah langsung mengambil anaknya yang tidak jauh dari tempatnya. Ia kemudian berlari keluar rumah sambil menggendong anaknya dan  berteriak minta tolong kepada warga sekitar untuk membantu memadamkan api yang sudah mulai membesar.

Baca Juga :  Izin Penggunaan Hutan untuk Kereta Gantung Sudah Rampung

Warga sekitar yang mendengar teriakan korban langsung berdatangan untuk membantu memadamkan api, warga yang berada di lokasi juga langsung menghubungi Babinkamtibmas Desa Batutulis untuk meminta bantuan menghubungi pemadam kebakaran. Tidak lama kemudian, satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Pemkab Lombok Tengah tiba di lokasi dan langsung memadamkan api yang sudah membesar.

Kapolsek Jonggat, IPTU Bambang Sutrisno ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Setelah menerima laporan adanya kebakaran itu, petugas juga langsung bergerak cepat menuju tempat kejadian perkara (TKP) untuk membantu warga memadamkan api dan berkoordinasi dengan pihak Damkar. “Api baru bisa dipadamkan kurang lebih 1 jam,” ungkap IPTU Bambang Sutrisno, Rabu (27/7).

Baca Juga :  BKPP Loteng Serahkan Data 6 Ribu Honorer ke Pusat

Pihaknya mengaku sudah mendalami penyebab terjadinya kebakaran tersebut dengan meminta keterangan terhadap saksi-saksi yang mengetahui kejadian itu. Kuat dugaan jika kebakaran tersebut disebabkan korsleting listrik. Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian diperkirakan sebesar Rp 160 juta. “Setelah mendapatkan informasi adanya kebakaran tersebut, personel kami dari Polsek Jonggat langsung mendatangi lokasi untuk mengamankan dan melakukan olah TKP. Menurut hasil olah TKP sementara, kebakaran tersebut diduga diakibatkan adanya korseleting listrik pada kabel utama rumah yang menempel di tiang standar di atas rumah,” tegasnya. (met)