Akibat Hujan Lebat dan Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Mobil

WASPADA: Hujan disertai angin kencang menyebabkan pohon tumbang diJalan Sriwijaya Kota Mataram, Minggu sore (15/11/2020).(ist)

MATARAM–Hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Kota Mataram dan sebagian Lombok Barat Minggu sore (15/11/2020).

Sejumlah pohon di pinggir jalan di Kota Mataram tumbang. Bahkan satu batang pohon berukuran besar di Jalan Sriwijaya, tumbang dan menimpa mobil yang tengah melintas. Mobil minibus warna putih ringsek di bagian depan dan atapnya. “Penumpangnya tidak apa-apa,” kata Nurdin warga yang melintas di lokasi.

Selain di Jalan Sriwijaya, pohon tumbang dan patah terlihat di Pagesangan dan di Jalan dr Soedjono lingkar selatan serta di sejumlah wilayah lainnya. Hujan dan angin kencang juga merusak atap rumah warga di sejumlah tempat. Di Pesongoran, atap rumah milik seorang warga setempat diterbangkan angin kencang.

Intensitas hujan di sejumlah wilayah di NTB dalam beberapa hari belakangan ini meningkat. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hujan sedang dan lebat yang dapat disertai angin kencang serta kilat atau petir diperkirakan mengguyur sebagian besar wilayah NTB dalam beberapa hari kedepan. Karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan air maupun pohon tumbang. “Selain itu, bagi pengguna dan operator jasa transportasi laut,nelayan, wisata bahari dan masyarakat yang beraktivitas di wilayah pesisir,diimbau untuk mewaspadai gelombang tinggi yang mencapai lebih dari 2 meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Samudera Hindia selatan NTB dan Selat Sape bagian selatan,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid melalui prakirawan I Gusti Agung Angga.