Akhirnya Insentif Nakes Dicairkan

INSENTIF NAKES: Para tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Mataram kini merasa bahagia, setelah insentif tahun 2020 yang lama tertunda akhirnya dicairkan dan telah masuk rekening. (SUDIR/RADAR LOMBOK)

MATARAM —Akhirnya insentif tenaga kesehatan (Nakes) dicairkan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram. Ribuan Nakes sudah menerima insentif sesuai dengan janji Pemerintah Kota Mataram. Insentif selama bulan September-Desember dicairkan melalui rekening masing-masing Nakes.

Plt Direktur RSUD Kota Mataram, Lalu Martawang mengatakan, insentif sudah dicairkan dan tidak menunggu terlalu lama. Karena semua berkas sudah lengkap, demikian dokumen pengajuannya. “BKD sudah mentransfer ke masing-masing rekening ribuan Nakes di Kota Mataram. Begitu BKD selesai, sore sampai malam langsung ditransfer ke rekening para Nakes,” katanya kepada Radar Lombok, Kamis kemarin (29/4).

Tercatat Kota Mataram adalah salah satu kabupaten/kota di NTB yang paling pertama mencairkan  insentif Nakes. Itu dilakukan sebagai bentuk perhatian Pemkot Mataram terhadap kinerja para Nakes yang selama ini telah berjuang di garda terdepan ditengah pandemi Covid-19.

BACA JUGA :  Kantor Wali Kota akan Dipindah

Untuk perawat menerima Rp 15 juta, sedangkan tenaga lainnya sesuai dengan jumlah penanganan. Pemberian insentif disesuaikan dengan kemampuan daerah, 50 persen. Pemkot Mataram sudah menyediakan Rp 445 miliar, untuk pembayaran insentif maupun tenaga vaksinator serta tenaga medis lainnya.

Martawang menyebutkan, semua data sudah disesuikan dan dikroscek secara teliti, sehingga tidak bisa dipermainkan. “Kalau soal penerima, sudah kita betul-betul seleksi. Tidak ada yang amburadul,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram HM Syakirin Hukmi mengatakan, untuk insentif Nakes sudah dicairkan. Sejak malam hari sampai tadi pagi, ribuan Nakes sudah menerima melalui rekening masing-masing. “Kita sudah cairkan. Pada prinsipnya semua sudah disiapkan, sesuai dengan Juklak dan Juknisnya,” katanya.

BACA JUGA :  Wagub Datangi Mapolres Mataram

Sesuai hasil konsultasi dengan Pemerintah Provinsi NTB, serta Peraturan Wali Kota Mataram (Perwal), insentif Nakes harus segera dicairkan setelah melalui mekanisme yang sudah ditetapkan Pemkot Mataram. Sehingga tidak melanggar aturan yang sudah ditetapkan.

Terpisah, Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Mataram Nyayu Ernawati mengatakan, insentif Nakes bisa menjadi pelecut mereka untuk lebih semangat bekerja. Apalagi ditengah pandemi, dan Ramadan, kebutuhan Nakes tentu juga semakin meningkat. “Kita selalu ingatkan kalangan Nakes untuk terus semangat bekerja. Demikian Pemkot Mataram juga terus kita desak memperhatikan nasib para Nakes,” katanya. (dir)