Airlangga: Key Opinion Leader Faktor Penting untuk Gaet Pemilih Pada Pilpres 2024

Apresiasi Peluncuran Buku Kerja untuk Indonesia

PELUNCURAN BUKU: Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto foto bersama ketika peluncuran Buku Kerja untuk Indonesia, Minggu malam (19/1). (ist for radarlombok)

JAKARTA—Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto mengapresiasi peluncuran buku “Kerja untuk Indonesia”, sekaligus menutup acara Rakornas Media dan Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar tahun 2021.

Airlangga menilai bahwa dengan adanya buku tersebut, maka prestasi dan kerja-kerja pemerintah dapat diketahui masyarakat lebih luas.

Menko Perekonmian juga menyebut bahwa seorang key opinion leader (KOL) menjadi salah satu faktor penting dalam menggaet para pemilih pada kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Airlangga menuturkan, seorang key opinion leader nantinya akan bertanggung jawab dalam mempengaruhi opini publik. Terlebih kata dia, saat ini mayoritas pemilih merupakan pemilih kelompok milenial dan pemilih baru.

“Ke depan pemilihan sebagian besar adalah milenial dan sangat tergantung kepada key opinion leader di daerah-daerah. Kemudian juga terkait dengan tanggung jawab untuk mencerdaskan bangsa dan juga tanggung jawab untuk membuat public opinion,” ucap Airlangga, di Hotel Dharmawangsa Jakarta, Minggu (19/12) malam.

BACA JUGA :  Menko Airlangga Tinjau Langsung Produksi KRI Teluk Palu

Airlangga menginstruksikan kepada pengurus di tingkat DPP, DPD Provinsi, dan DPD kabupaten/kota hingga Fraksi-fraksi Partai Golkar agar melibatkan Bidang MPO dalam kerja partainya.

“Rekomendasi ini perlu ditindaklanjuti oleh DPP, DPD Provinsi dan DPD kabupaten/kota sampai Fraksi-Fraksi Partai Golkar diseluruh daerah. Nanti Pak Sekjen akan membuatkan Juklaknya, sehingga setiap acara MPO dilibatkan di seluruh tingkatan,” tegas Airlangga.

BACA JUGA :  Industri Kreatif Diharapkan Jadi Penopang Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Dia mengharapkan agar pihaknya memiliki key opinion leader yang lahir dari kader-kader partainya. Khususnya, berasal dari MPO Golkar.

“Saya berharap bahwa kita key opinion leadernya adalah dari kader-kader Partai Golkar yang dicetak oleh MPO. Jadi sesudah diikutsertakan medianya apa saja yang terus dimonitor oleh pusat,” tutur Airlangga.

Hadir dalam peluncuran buku tersebut, Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK), Ketua Umum Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) Yanti Airlangga. Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pakar Agung Laksono dan Imam besar masjid Istiqlal Jakarta Prof. KH. Nasarudin Umar. (*/gt)