Airlangga: Daerah Luar Jawa Dijatah 26 Persen Vaksin Covid-19

BANSOS: Ketua Komite Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto serahkan Bantuan Sosial di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (ist for radarlombok.co.id)

BANJARMASIN–Ketua Komite Pencegahan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengapresiasi minat vaksinasi masyarakat Kalimantan Selatan.

Airlangga memantau langsung pelaksanaan vaksinasi di Gedung Olahraga Remaja (GOR) Hasanuddin HM, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat (20/8).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menegaskan, daerah tidak perlu khawatir dengan stok vaksin Covid-19.

Sebab, pasokan vaksin bakal terus berdatangan ke Indonesia. Bahkan, pada Agustus ini, pemerintah akan menerima sebanyak 71 juta dosis vaksin Covid-19.

“Harapannya Kalsel akan segera ditambahkan. Pemerintah menargetkan nanti secara nasional provinsi-provinsi di luar Jawa itu minimal 26 persen,” tutur Airlangga di Banjarmasin, Kalsel, Jumat (20/8/2021).

BACA JUGA :  Airlangga Hartarto: Penyerapan Dana PEN Capai Rp 134,07 Triliun

Airlangga berharap, dengan kedatangan pasokan vaksin ke Indonesia, kendala terbatasnya stok vaksin Covid-19 di banyak daerah bakal diatasi.

Sebab, pemerintah juga tengah mengejar target vaksinasi terhadap sekitar 208 juta penduduk untuk mencapai kekebalan kelompok.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini mengaku mengunjungi pelaksanaan vaksinasi di Kalsel karena provinsi ini menjadi salah satu wilayah dengan penyebaran Covid-19 tinggi. Airlangga mengaku senang dengan antusiasme masyarakat Kalsel untuk mengikuti vaksinasi.

Ia menegaskan, vaksinasi menjadi salah satu cara untuk menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Vaksinasi yang digelar di GOR Hasanuddin HM dilaksanakan oleh Biddokkes Polda Kalsel.

BACA JUGA :  Airlangga: Ekonomi Hijau Terbukti Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

“Ini sangat bagus karena antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Kita mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah di Kalsel ini,” tegasnya.

Menko Perekonomian juga mengaku pemerintah bakal mengevaluasi penerapan PPKM dalam pekan ini. Ia berharap, dalam evaluasi nanti ada penurunan penyebaran Covid-19.

Dalam kunjungannya memantau vaksinasi di Kalsel, Airlangga didampingi Penjabat (PJ) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, anggota DPR RI, Lodewijk FP, Melki Laka Lena, Firman Soebgyo, Hasnuryadi Sulaiman dan Bambang Hari Purnama, Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Supian HK, dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, Arifin Noor. (*/gt)