Air Terjun Semporonan Mulai Dilirik Wisatawan

Air Terjun Semporonan
AIR TERJUN SEMPORONAN: Tampak keindahan Air Terjun Semporonan yang memiliki dua mata air terjun, dengan ketinggian sekitar 40-an meter. Sayangnya, objek wisata ini masih minim fasilitas. (IRWAN/RADAR LOMBOK)

Objek wisata Air Terjun Semporonoan, atau sering disebut Air Terjun Sempurna oleh warga setempat, kini mulai dilirik oleh para wisatawan, baik lokal, domestik, maupun asing. Ini terjadi selain faktor keindahannya, juga karena air terjun setinggi sekitar 40 meter ini masih alami dan belum terkontaminasi.


JANWARI IRWAN – LOTIM


OBJEK wisata Air Terjun Sempurna, dapat dikatakan merupakan “surga” bagi para pecinta wisata alam. Airnya yang jernih, berpadu dengan udara yang segar dan sejuk, ditambah dengan pemandangan alamnya yang hijau nan subur, membuat Air Terjun Sempurna ini menjadi pilihan wisata yang patut diperhitungkan.

Air Terjun Semporonan yang terletak di Desa Timbanuh, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur (Lotim), aliran airnya terlihat mengalir di lembah yang sempit, untuk kemudian mengalir ke sebuah sungai kecil yang penuh dengan bebatuan.

Awalnya air terjun ini ditemukan oleh masyarakat setempat. Dan setelah dikelola dengan baik, maka saat ini Air Terjun Sempurna mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, domestik, maupun mancanegara.

Pengelola Air Terjun Semporonan, Hairul Anwar mengisahkan, penemuan Air Terjun Semporona ini terjadi sejak permekaran desa dilakukan. Hanya saja, karena berbagai fasilitas masih minim, pengunjung yang datang juga belum terlalu signifikan, seperti umumnya obyek wisata lain. “Kalau kita lihat, dari sejak dibuka hanya puluhan orang saja yang datang. Ini karena obyek wisata ini belum begitu ramai terdengar,” ungkapnya.

Disampaikan, pada tahun pertama dibuka, dia mengaku tidak mengenakan biaya masuk terhadap pengunjung. Ini dilakukan sebagai alat promosi bagi Air Terjun Semporonan. ”Sejak kita temukan hampir selama dua tahun ini, tidak ada penarikan biaya masuk berkunjung ke Air Terjun Semporonan. Alhamdulillah, ada saja masyarakat yang datang,” ujarnya.

Untuk menikmati kesegaran dan kesejukan Air Terjun Semproronan ini juga mudah. Karena lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari jalan raya. Selain itu, selama perjalanan menuju lokasi air terjun, pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan alami khas pedesaan yang indah, seperti kerimbunan tanaman kopi, dan tanaman buah lainnya di sepanjang jalan.

”Pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu sekitar 1 kilometer dari gerbang masuk. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Namun jangan khawatir, anda akan disuguhi pemandangan berbagai jenis tanaman buah seperti alfokat, kopi, kelapa dan pisang,” jelas Hairul.

Karena masih sepi wisatawan, dan belum ada fasilitas umum, maka pengunjung yang datang diharapkan membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Karena di lokasi memang tidak ada masyarakat yang berjualan. Pengelola hanya menyediakan air minum saja.

Agar objek wisata Air Terjun Semporonan ini bisa berkembang, pihaknya berharap kedepan pemerintah lebih memperhatikan, terutama dalam promosi. “Tanpa dukungan pemerintah, maka apa yang menjadi potensi dan kebanggaan masyarakat ini tentu akan sulit berkembang. Sehingga lama-kelamaan pasti juga akan terlupakan. Jadi saya harapkan pemerintah turut mengembangkan pariwisata yang ada di Lombok Timur ini,” harap Hairul.

Sementara salah satu pengunjung yang berasal dari Lombok Tengah, Azmi  mengatakan, kedatangannya ke lokasi wisata ini karena dia merasa penasaran setelah melihat postingan beberapa temannya yang pernah berkunjung. “Karena postingan teman di Facebook itulah saya mengetahui lokasi air terjun ini. Ternyata benar air terjunnya sangat tinggi,” ujarnya merasa puas.

Melihat lokasi air terjun yang masih alami, dan belum terkontaminasi dengan pembangunan. Dia berharap kepada pemerintah, baik pemerintah desa, kabupaten, dan provinsi, agar mengembangkan objek wisata Air Terjun Semporonan yang kini sudah mulai banyak dilirik wisatawan ini. “Kebetulan saya juga hari ini membawa turis dari Australia, untuk menyaksikan keindahan air terjun ini,” tandasnya. (*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid