Ahyar Janji tak Terbitkan Izin Ritel Modern

RITEL : Gerai modern yang baru dibuka di kawasan Pagutan Timur Mataram (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM-Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh menegaskan dirinya komit membatasi jumlah ritel modern di daerah ini. Di Mataram pasar dan gerai modern menjamur. Selama tahun ini ada puluhan izin ritel yang dikeluarkan Pemkot.

Ahyar mengatakan dirinya tidak akan mengizinkan lagi ada gerai dan pasar modern. “Kita sudah batasi dan tidak akan saya izinkan lagi,” ungkap Ahyar kemarin.

Pemkot tidak akan menyetujui pengajuan izin baru untuk ritel modern.” Yang sudah ada tidak dikurangi, yang baru kita dibatasi,” tegasnya.

Ahyar mengaku selama tahun 2016 ini dirinya menerbitkan izin baru untuk pasar dan gerai modern. Namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Lokasinya juga diseleksi. Sebab katanya di satu sisi ritel modern masih dibutuhkan seiring dengan pertumbuhan investasi.”  Kita masih butuh pasar modern, makanya kemarin kita izinkan,” tegasnya.

Namun pihaknya tetap memperhatikan pedagang tradisional yang terdesak oleh keberadaan “pemain” besar. Soal izin yang masuk ke Pemkot, ia mengakui banyak permohonan izin yang masuk, tetapi izin itu tidak dikeluarkan karena jumlahnya dirasakan sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan tamu-tamu yang datang ke Mataram.

Ketua Komisi II DPRD Kota Mataram HM. Zaini meminta Pemkot melakukan kajian lagi. Sebab beberapa tahun lalu  wali kota memberlakukan moratorium pasar dan gerai modern. Ia mempertanyakan kenapa sekarang justru tumbuh lagi.” Harus ada kajian berapa sebenarnya kebutuhan kita,” katanya.

Jagan sampai keberadaan pasar modern mematikan dan menimbulkan persaingan yang tidak sehat antara pengusaha lokal dengan pemodal besar. Belum lagi ditambah dengan  semakin bertambahnya pusat perberlanjaan seperti supermarket selain Indomart dan Alfamart . Kota Mataram memang butuh, hanya saja jangan sampai kebablasan memberikan izin. Pemkot harus memetakan wilayah atau kawasan mana gerai dibolehkan dan tidak dibolehkan. Ini untuk memprtahankan eksistensi pedagang kecil dan menengah.” Ingat pedagang kecil juga harus diperhatikan keberlangsungannya,” imbuhnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid