Ahmad Zigi Yaresta Yudha, Karateka Sederet Prestasi

Banyak atlet asal NTB yang menjadi kebanggan Indonesia.   Salah satu  Ahmad Zigi Yaresta Yudha di cabang olahraga  karate. Kini, dia menjadi tumpuan NTB meraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat, September 2016 mendatang.

 


ABDI ZAELANI- MATARAM


 

 

Zigi lahir dari keluarga sederhana pasangan suami istri  Hustiani dan Yuda Nadi seorang pemandu wisata.  Remaja kelahiran   Lingsar, Lombok Barat 14 Januari 1998 ini  sudah banyak menorehkan prestasi baik tingkat nasional bahkan internasional.

Zigi  sejak kecil menyukai olahraga bela diri. Begitu masuk SD, dia sudah ikut latihan karate.  olahraga bela diri adalah salah salah satu olahraga yang mempunyai tantangan  kebugaran tubuh dan sebagai penunjang aktivitas sehari-hari. Selain itu juga olahraga ini juga merupakan sebuah media pertahanan diri.

  Berkat ketekunannya berlatih dan  didukung orangtua, Zigi ikut pertandingan.  Pertamakali meraih medali tahun 2006 ada kejuaraan tingkat kabupaten meraih perunggu. Kemudian tahun 2007 ia meraih perak dan selanjutnya ia bisa meraih medali emas.

Dalam berbagai event, Zigi kerap mengharumkan nama  NTB.  Pada tahun  2009, dia menyabet juara 2 kejurnas Inkai di Surabaya. Lalu pada tahun 2010, juara 1 piala Mendagri  di Makasar. Tahun  2011, juara 1 Mendagri Cup. Tahun 2012, juara 1 Mendiknas Cup.  Pada tahun yang sama, dia  juara 2 Kejurnas Inkai dan pada tahun 2013, juara 1 Mendagri Cup.

 Atas prestasinya itu, Zigi ditunjuk mewakili NTB  AKF Cadet, Junior & U-21 Championship 2013 di Dubai, UAE. Zigi meraih medali perak di  kelas kadet kata perorangan putra. Di final, dia dikalahkan karateka asal Jepang.  ‘’ Yang paling berkesan saat saya meraih emas di World Karate Championship WKF Junior 2015,’’ ucapnya.

 Kejuaraan World Karate Championship WKF Junior 2015 di Banten. Di final, Zigi mengalahkan karateka asal Spanyol.  Atas prestasinya itu juga, kini Zigi masuk dalam pelatihan nasional (pelatnas) yang akan diproyeksikan meraih medali di Sea Gems maupun Asian Gems 2017 mendatang.

 Keberhasilan meraih medali emas ini, menambah kepercayaan diri Zigi menghadapi PON di Jawa Barat September 2016 mendatang. Dia akan mewakili NTB.  Zigi optimis NTB mampu berprestasi pada ajang empat tahunan ini. Saat ini Zigi sudah berada di daerah menjalani pemusatan latihan dan intens berlatih.‘’Karate Olahragaku,Inkai perguruanku,Latihan kewajibanku, dan  Juara tujuanku, Karate is my life,I Love Inkai,’’ ucap Zigi.Kata-kata inilah yang membuat menjadi motivasi untuk terus menancapkan prestasi.(*)